oleh

Pertanyakan Legitimasi Ketua RT/RW

-Tak Berkategori-315 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Sejumlah warga di salahsatu kelurahan dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, mempertanyakan status jabatan Ketua RT/RW, yang saat ini menjabat. Pasalnya, hingga saat ini, seluruh Ketua RT/RW yang ada, hanya berdasarkan main tunjuk dari Lurahnya, tanpa ada pilihan langsung dari masyarakat tempat dia bertugas.

“Kami ini bingung, Ketua RT/RW yang lama tidak lagi menjabat, sementara Ketua RT/RW yang baru kami ragu legitimasinya, karena di lingkungam kami tidak pernah melakukan pemilihan Ketua RT/RW baru,” ungkap salah seorang warga Tebing Tinggi, yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Dikatakannya, karena ini menjelang pelaksanaan pilkada, ada kecurigaan warga terhadap pejabat RT/RW yang ada. Hingga pada saat Ketua RT/RW yang baru, melakukan pendataan terhadap warga, muncul kecurigaan warga terhadap apa yang dilakukan Ketua RT/RW yang baru tersebut. 

“Banyak warga curiga, apa saja yang dilakukan Ketua RT/RW warga selalu curiga, padahal hanya pendataan saja. Tentu ini membuat ketidaknyamanan antara warga dengan Ketua RT/RW-nya yang baru, dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya, seraya berharap Pemkab Empat Lawang, segera menyelesaikan polemik jabatan Ketua RT/RW ini.

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Empat Lawang, RM Sobri saat dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil rapat terakhir terkait pembahasan persoalan RT/RW di Kabupaten Empat Lawang, untuk di Kecamatan Tebing Tinggi, para Ketua RT/RW yang ditunjuk oleh pihak Lurahnya, statusnya hanya pelaksana tugas untuk mengisi kekosongan jabatan Ketua RT/RW yang sebelumnya diberhentikan.

“Itu berdasarkan penjelasan Sekcam Tebing Tinggi, khusus di Kecamatan Tebing Tinggi, mereka hanya pelaksana tugas, bukan (Ketua) RT/RW defenitif,” jelasnya.

Makanya, lanjut Sobri, pihaknya kejar penyelesaian Peraturan Bupati (Perbub) Empat Lawang, tentang pedoman pembentukan RT/RW di Kabupaten Empat Lawang. “Perbub itu sudah selesai, tinggal lagi kita rapatkan dan akhirnya kita implementasikan. Silahkan nantinya masyarakat yang berminat jadi Ketua RT/RW, jika Perbubnya sudah selesai, asal sesuai persyaratan, itu bisa (jadi ketua RT/RW),” terangnya. (HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel