oleh

Pesona Kampung Bali di Desa Tugu sempurna

Silampari Online,

MUSIRAWAS– Salah satu Kampung Bali yang ada di Kabupaten Musirawas , terletak di Desa Tugu sempurna , Kecamatan Muara Kelingi, Terdapat sekitar 150 kepala keluarga yang tinggal di kampong ini.

Sebagaimana di tempat asalnya, penduduk Kampung Bali menata perkampungannya seperti kampong mereka dahulu di Pulau Bali. Terdapat pura-pura kecil di sudut-sudut rumah penduduk, serta gapura khas Bali di kampong ini.

Tradisi asli mereka juga tetap dipertahankan. Kampong ini akan meriah dengan hiasan penjor yang akan dipasang disepanjang jalan ketika merayakan hari raya Hindu. Terdapat pula sebuah pura besar atau pure Puseh yang menjadi pusat peribadatan penduduk Kampung Bali. Kampong ini menjadi ramai ketika mereka merayakan upacara-upacara seperti Galungan, Kuningan, Saraswati, Melasti dan sebagainya.

Karena penduduk tetap mempertahankan tradisinya, kampong ini memberi nuansa seolah-olah orang sedang berada di Pulau bali.

Jurnalis Silampari Online kamis (24/12) berkesempatan meliput kegiatan kelompok masyarakat kampung bali di desa Tugu sempurna yang kebetulan sedang melakukan latihan tari untuk mempersiapkan acara hari raya mereka yang akan dilaksanakan di bulan Januari nanti.

Salah seorang Penari komang Ayu Susianti (25) menceritakan bahwa kegiatan berlatih tari sudah biasa mereka lakukan untuk mempersiapkan mengisi acara hari raya.

“Hari ini kami berlatih tari Rejang Pemendak, bersama teman-teman latihan ini sudah dijalankan sejak tiga tahun yang lalu, latihan tari ini harus rutin dan butuh keseriusan karena tidak mudah mengatur gerakan tari yang menghasilkan gerakan indah,” ¬†ucapnya.

Tarian merupakan kekayaan adat budaya yang harus terus dilestarikan,dan ini adalah salah satu sumbangsih kami dari kampung Bali di desa Tugu sempurna untuk ikut menambah kekayaan budaya masyarakat di Kabupaten Musirawas.

“Kami berharap mudah mudahan kedepan kami dapat memperoleh pembina dan pendampingan dari pemerintah daerah setempat untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang kami miliki,” harapnya. (Musyanto)