Petinggi Polda Turun ke Empat Lawang

Silampari  Online,

EMPAT LAWANG – Terkait kericuhan yang terjadi saat pelaksanaan deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan-KPU beberapa waktu lalu, jajaran Polda Sumsel turun ke Kabupaten Empat Lawang, Rabu (21/2).  Petinggi-petinggi di Mapolda Sumsel ini mendatangi posko pemenangan masing-masing Paslon menyampaikan pesan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara agar masing-masing calon serta tim pemenangan menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta monitoring pengamanan tahapan Pilkada.
Kepada sejumlah awak media di teras depan Mapolres Empat Lawang, Kepala Biro (Karo) Ops Polda Sumsel, Kombes Pol Bambang Sudarminto didampingi Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan Sik dan Kabag Ops Polres Empat Lawang, Kompol Sukarminto mengungkapkan, dirinya bersama anggota lainnya sengaja datang ke Empat Lawang menemui pasangan calon untuk menyampaikan pesan Kapolda agar menjaga Kamtibmas terkait kericuhan yang terjadi di Empat Lawang, serta terkait pengamanan tahapan Pilkada kedepannya. “Tadi sudah kita temui masing-masing pasangan calon di posko pemenangannya. Kita menyampaikan pesan Kapolda, agar masing-masing paslon dan tim pemenangannya sama-sama menjaga Kamtibmas,” ungkapnya.
Dikatakannya, gangguan Kamtibmas menohok kericuhan yang terjadi saat deklarasi kampanye damai bisa saja terjadi lantaran pernyataan-pernyataan calon karena salah ditafsirkan oleh pihak lawan politiknya. Karena itu, diharapkan agar semua pihak bisa menahan diri, jangan mudah terpancing emosi sehingga pelaksanaan Pilkada Empat Lawang berjalan kondusif dan lancar. “Mungkin pernyataannya tidak disengaja atau tidak bermaksud menyindir maupun memancing emosi lawan, namun karena ditafsirkan salah, sehingga massa pendukung terpancing emosi,” jelasnya.
Karena itu, lanjutnya untuk pengamanan tahapan dan pelaksanaan Pilkada Empat Lawang, Polda Sumsel telah menerjunkan dua peleton Brimob dan satu peleton Shabara Polda Sumsel. Untuk selanjutnya diserahkan ke Polres Empat Lawang yang lebih mengenali suasana dan kondisi daerah, kalaupun masih membutuhkan penambahan, akan dibackup kembali.
Dalam kesempatan itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada elemen dan segenap masyarakat Empat Lawang, meskipun terjadi kericuhan, kondisinya masih bisa dikendalikan, sehingga hal yang lebih buruk tidak terjadi. Kendati demikian, karena proses dan tahapan Pilkada masih panjang, diharapkan semua pihak bisa menjaga Kamtibmas, sehingga pelaksanaan Pilkada Empat Lawang berjalan lancar.
“Saya yakin semua pihak dan seluruh masyarakat Empat Lawang tidak menginginkan terjadinya kericuhan, sebaliknya berharap Pilkada Empat Lawang berjalan lancar, aman dan damai. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena meski sempat ricuh masih bisa dikendalikan. Saya berharap dan juga yakin semuanya berharap agar kejadian seperti ini (kericuhan, red) atau bahkan lebih parah lagi tidak terjadi. Tentunya rakyat Empat Lawang berharap agar pesta demokrasi ini berjalan sesuai dengan harapan, lancar dan kondusif,” harapnya.
Disinggung mengenai tersangka pelemparan calon dan mobil paslon nomor urut 2, Joncik Muhammad-Yulius Maulana saat terjadinya bentrok antar massa pendukung, Kombes Pol Bambang menegaskan, kasus ini sudah ditangani Reserse Polres Empat Lawang. Mengenai hasilnya akan dikoordinasikan Polres Empat Lawang dengan masing-masing paslon. “Sekarang satu tersangka (Mustofa alias Taufik alias Topek, red) sudah diamankan dan masih dalam pemeriksaan kepolisian. Ya, kita tunggu saja hasil pemeriksaannya, nanti akan di koordinasikan Polres Empat Lawang dengan paslon dan lainnya,” pungkasnya. (HS-04)