Petugas Damkar Sudah Dijamin Asuransi

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Petugas pemadam kebakaran (damkar) di Kabupaten Empat Lawang, saat ini tidak perlu lagi was-was dalam menjalankan tugasnya. Pasalnya, seluruh petugas Damkar di kabupaten ini, sudah dijamin asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Muat Lebih

Kepala Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, M Taufik mengatakan, mulai Januari 2018, seluruh petugas Damkar di dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, sudah dijamin BPJS Kesehatan. Jaminan kesehatan yang didapatkan tersebut, tidak hanya petugas itu sendiri, namun juga 4 anggota keluarganya, yakni isteri dan tiga orang anak.

“Petugas Damkar kita berjumlah 56 orang. Semuanya sudah dijaminkan BPJS Kesehatan, termasuk isteri dan tiga orang anaknya,” ungkap Taufik saat dibincangi Harian Silampari, di ruang tugasnya, Selasa (13/2).

Menurut dia, BPJS Kesehatan yang dijaminkan itu, merupakan jaminan kesehatan kelas II. Pembayaran tagihannya sendiri, dibayarkan separuh oleh BPBD Empat Lawang dan separuhnya dibayar dari potongan gaji petugas itu sendiri. “Misalkan, dalam satu bulan tagihan BPJS-nya Rp51 ribu, maka yang dibayar oleh BPBD Empat Lawang sebesar Rp25,5 ribu dan Rp25,5 ribu itu dipotong dari gaji mereka,” urainya.

Lebih lanjut dikatakannya, petugas Damkar ini juga sudah dijaminkan BPJS Ketenagakerjaan. Berbeda dengan BPJS Kesehatan, pada BPJS Ketenagakerjaan ini, seluruh petugas Damkar yang ada, iuran bulanannya ditanggung oleh BPBD Empat Lawang, seratus persen.

“Namun jaminannya dihitung per Maret nanti. Kalau BPJS Kesehatan per Januari sudah dijamin, untuk BPJS Ketenagakerjaan itu mulai bulan Maret, baru dijamin,” terangnya.

Jaminan ketenagakerjaan, dijelaskannya, meliputi saat petugas meninggalkan rumah menuju tempat tugas, hingga sampai pulang lagi ke rumahnya. “Tujuan kita menjaminkan seluruh petugas Damkar kita ini, agar mereka tidak lagi was-was saat menjalankan tugas. Baik itu ke kantor atau di lapangan,” tandasnya. (HS-04)