Petugas PPDP Dapat Bimbingan Tekhnis

Silampari Online, 

EMPAT LAWANG – Sekitar 650 orang, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Gedung Serbaguna Pemkab Empat Lawang, Kamis (17/1). Komisioner KPU Empat Lawang, Divisi Perencanaan dan Data, Endang Sustrisno mengatakan, berdasarkan PKPU No 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota bahwa Pemilih terdaftar harus sesuai dengan identitas yang dimiliki yaitu e-KTP atau Kartu Keluarga.

Muat Lebih

“Pelaksanaan Coklit pada 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018. Setelah melaksanakan Coklit dengan mengecek kembali formulir ataupun koordinasi dengan RT/RW untuk menyerahkan hasil kerja kepada PPS,” urai dia.

Dijelaskannya, peran dan tugas PPDP sangat penting di tingkat TPS sehingga perlunya petugas bekerja dengan jujur dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. “Data penduduk sesuai DPT setiap Desa/Kelurahan harus benar-benar sesuai Data DPT,” tegasnya.

Diapun kembali mengatakan, perhitungan Data dari petugas PPDP harus benar-benar sesuai dan jangan asal-asalan. Ada beberapa Kecamatan yang rawan seperti Saling, Sikap Dalam, Pendopo Barat, Pendopo dan Muara Pinang, karena itu dia minta petugas PPDP agar dapat berkordinasikan ke Camat, Kades dan RT/RW di setiap wilayah daerah untuk pengecekan Data. “Laporan dan kegiatan Data PPDP harus lengkap diterima KPU, apakah petugas bekerja atau tidak,” terangnya.

Sementara itu, anggota Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Divisu Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Andri Logan, mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pelaksanaan menekankan pada ketaatan dan profesional petugas. “Ini harus dilakukan agar tidak ada temuan-temuan yang mengarah kepada pelanggaran,” jelasnya. (HS-04)