Pilkada 2020, Syarat Perseorangan Minimal 24612 Dukungan

ilsutrasi

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Dukungan untuk calon perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Musi Rawas (Mura) minimal harus mengantongi 24.612 dukungan. Jumlah tersebut tersebar di 8 Kecamatan wilayah Bumi Lan Serasan Sekentenan.

Muat Lebih

“Untuk syarat dukungan perseorangan ini minimal di 8 Kecamatan dan boleh lebih dari itu,”jelas Ketua KPUD Kabupaten Mura Anasta Tias melalui Defisi Tekhnis dan Penyelenggara, Apandi kepada Harian Silampari, Rabu (6/11) diruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, jumlah dukungan tersebut harus diperoleh dari keterwakilan 8 Kecamatan. Dimana, calon perseorangan nanti akan menyerahkan bukti dukungan dalam bentuk KTP sekaligus surat pernyataan.
“Untuk jumlah dukungan calon perseorangan minimal 24.612 atau 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Mura yakni 289.544 suara,”terangnya.

Menurutnya, untuk calon perseorangan nanti akan menyerahkan bunti dukungan dalam bentuk KTP mulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020 mendatang. “Kalau verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPU Mura terhadap dukungan yang disampaikan calon perseorangan dilakukan pada rentang waktu Desember hingga Maret,”paparnya.

Mengenai tahapan pelaksanaan Pilkada sendiri. Maka dirinya mengakui tengah dalam tahap persiapan lauching pada Desember mendatang. “Sebenarnya lauching sudah bisa dilakukan November ini. Namun, karena keterbatasan anggaran maka dilakukan pada Desember mendatang sekaligus tahapan-tahapan lainnya,”pungkasnya.

Laporan : Krismanto

Editor    : Agus Hubya