PKK Serahkan Bantuan Alat Pengelolaan Pangan Ikan

TEKS FOTO Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Lia Mustika Syarif ketika menyalurkan bantuan alat pengelolaan pangan ikan ke kelompok pangan Mandiri desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. Kamis (5/9)

SILAMPARI ONLINE

MURATARA – Ketua TP PKK Kabupaten Muratara bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan alat pengelolaan pangan ikan ke kelompok pangan Mandiri desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. Bantuan tersebut berupa frizer, mesin penggiling, alat pemotong, tempat jemur kerupuk, kompor gas dan kuali. 

Muat Lebih

Penyerahan bantuan tersebut di Kantor Kades Lawang Agung dihadiri langung Ketua TP PKK Muratara Lia Mustika Syarif, Kadis Ketahanan Pangan Emilia, Kades Lawang Agus Kaharudin, Kamis (5/9).

Lia Mustika Syarif menyampaikan kegiatan dilakukan pihaknya selain pembinaan anggota PKK desa, juga penyerahan bantuan alat pengelolaan pangan ikan kepala kelompok pangan madiri desa Lawang Agung. “Dengan adanya alat itu mereka lebih mudah dan bisa secara skala banyak untuk membuat kerupuk ikan, diharapkan kedepannya menjadi produk unggulan desa Lawang Agung,”ujarnya.

Selain itu, juga diberikan bantuan berupa mikropon, dimana bantuan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan umum, contoh ketika masyarakat ada acara yasinan atau dan sebagainya bisa digunakan. Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Emilia mengatakan untuk sekarang baru 7 kelompok mandiri pangan yang diberikan bantuan dan salah satunya kelompok mandiri pangan desa Lawang Agung berupa alat pembuatan kerupuk.

Akan tetapi bantuan ini, masih katanya tidak seluruh Kecamatan dapat, namun hanya untuk yang mengajukan bantuan kepada pihaknya. “Setiap kelompok madiri pangan bantuan yang diberikan tidak sama dan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan produk unggulan apa yang mereka buat,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada kelompok yang mendapatkan bantuan agar senantiasa dapat menjaga alat tersebut dan jangan sampai nanti baru diberi, akan tetapi sudah cepat rusak. “Kita minta kepada penerima agar dapat menjaga dan merawat, dan jangan sampai bantuan tersebut disalah gunakan,”ingatnya.(HS-04)