Pohon Rindang Sepanjang Jalan Tugumulyo, Ini Komentar Warga

SILAMPARI ONLINE,

TUGUMULYO-Saat musim penghujan, patut diwaspadai adalah pohon-pohon rindang di tepian jalan. Seperti pohon tumbuh di sepanjang jalan di Kecamatan Tugumulyo tepatnya deretan tanaman rindang yang berada di Kawasan Desa G1 Mataram.
Pantauan wartawan Silampari Online, lokasi ini merupakan lokasi yang cukup menghawatirkan untuk para penguna jalan pada saat melintasi kawasan tersebut, sebab ranting dan pohon bisa saja sewaktu waktu tumbang saat musim penghujan.
Hal itu bisa dilihat dari pangka pohon yang sudah menutupi tepian jalan karena tinggi pohon sudah mencapai kurang lebih belasan meter. Selain itu, ranting atau cabang poho juga dapat mengenai beberapa kabel yang menjulang. Hal tersebut menjadi kecemasan tersendiri bagi para pengendara khususnya.

Bacaan Lainnya

Febry salah seorang pengendara mengaku, saat musim penghujan seperti saat ini, angin kencang sering melanda kawasan tersebut, ia juga merasa sangat khawatir jika harus melewati jalan di wilayah Tugumulyo terutama saat hujan tiba.
“Kalau bisa, setiap kali datang musim hujan, yah sebaiknya dipotong saja sedikit. Bukan ditebang nah, tapi dipotong itu rantingnya yang bisa saja membahayakan orang ataupun pengendara yang melintas. yang kita takutkan kalau mobil atau pengendara yang tertimpa ranting, bisa-bisa mati orang dalam mobil gara-gara dijatuhi pohon,” tutur Febri saat ditemui saat berada di pinggir jalan , Jum’at (21/2/2020).

Namun seorang warga yang lain memberi komentar berbeda. Ia beranggapan, pohon-pohon ini punya fungsi penghijauan kota. Di musim kemarau, mereka berperan meneduhkan jalan serta jadi penyaring berbagai polusi kendaraan.
“Yah, sayang juga kalau dipotong iya karena musim tidak ditahu. Kadang terik sekali, kadang juga hujan. Tapi bagusnya kalau rindang, itu lebih adem, tidak panas. Belum lagi gerahnya, belum lagi polusinya. Kan pohon salah satu fungsinya untuk mengisap berbagai polusi kendaraan,” ungkap Imron.
Memang pada musim kemarau pohon-pohon ini berperan banyak , di sepanjang Jl di wilayah Tugumulyo ini jadi tempat yang cukup segar bagi masyarakat untuk berteduh saat cuaca panas terutama pada siang hari, Kadang pula kawasan ini dijadikan sebagai tempat berteduh para pengendara yang sedang beristirahat dan juga para penjual makanan serta berbagai penjual aksesoris maupun pakaian dan sepatu. “Saya berharap pohon yang rindang tetap dijaga namun perlu dirapikan supaya saat hujan tiba, tidak ada ranting yang jatuh sehingga mengakibatkan korban,” aku Ardianto, warga Q Wonorejo.
Penulis : Novi Ardianto
Editor : Agus Hubya H