Polisi Beri Perpanjangan SIM Gratis pada TNI yang Ulang Tahun

Saat Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono menyuapkan nasi kuning/Foto: Sugeng Harianto

SILAMPARI ONLINE-Ratusan anggota Polres Madiun mendatangi Markas Kodim 0803, Korem 081 dan Yonif Pararider 501. Pihak kepolisian memberikan ucapan selamat dalam peringatan HUT ke-74 TNI. Polisi juga memberikan kado berupa perpanjangan SIM gratis bagi anggota TNI. Selain itu, polisi juga membawa tumpeng.

“Saya ucapkan selamat merayakan HUT ke-74 untuk TNI. Khususnya Kodim 0803 dan jajarannya. Semoga semakin bersinergi dalam menjalankan tugas untuk NKRI,” terang Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono kepada wartawan di Markas Kodim 0803 Madiun, Jumat (4/10/2019).

Muat Lebih

Perpanjangan SIM gratis itu, kata Ruruh, hanya berlaku hari ini menjelang HUT ke-74 TNI yang jatuh pada Sabtu (5/10). Kemudian, hadiah tersebut juga hanya berlaku untuk anggota TNI. “Ini hanya berlaku untuk anggota saja. Untuk keluarga tidak bisa. Karena memang hadiah khusus anggota TNI saja yang ultah besok,” imbuhnya.

Dandim 0803 Madiun Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto mengaku terkejut atas surprise yang diberikan pihak kepolisian. Pihaknya merasa mendapat penghormatan yang luar biasa di HUT TNI tahun ini.

“Sangat luar biasa sekali dan suatu penghormatan bagi kami anggota TNI atas kejutan dari rekan polisi semua. Ini untuk yang ke sekian kali datang polisi membawa tumpeng di markas saya. Tadi juga dari Kapolresta Pak Nasrun,” ujar Nur Alam. Kasat Lantas Polres Madiun AKP Jimmy Heryanto menjelaskan, biaya administrasi perpanjangan SIM A Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. Khusus hari ini, anggota TNI bisa mengurus perpanjangan SIM tanpa perlu bayar.

“Ini hanya berlaku untuk hari ini saja. Karena besok peringatan berpusat di Surabaya. Untuk normalnya biaya perpanjangan SIM A Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. Namun khusus hari ini bagi anggota TNI gratis,” papar Jimmy.

Seperti pantauan detikcom, sebelum membuka stan pelayanan SIM, Kapolres dan Dandim 0803 saling suap nasi kuning. Polisi juga membawa sejumlah poster mini warna-warni yang bertuliskan ajakan menjaga keutuhan NKRI.

Pemberian tumpeng tidak hanya dilakukan di Kodim 0803 saja. Tapi juga di Korem 081 Dhirotsaha Jaya Madiun serta Yonif 501. Di hari yang sama, pihaknya juga memberikan ucapan dan tumpeng secara serentak ke seluruh jajaran Koramil dan Yonif 501 Madiun.

Tak hanya Kodim, Markas Batalyon Yonif 501 pun kebanjiran ucapan selamat HUT TNI. Baik dari Polres Madiun Kota maupun Kabupaten. Kemudian Yonif 501 juga menerima kado dari Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim. “Terus terang kami merasa kaget karena datang dari teman Polri. Baik polres dan Brimob. Dikunjungi dalam rangka HUT TNI. Kami terharu di tengah sebagian anggota kami ada sekitar 400 orang sekarang bertugas di Wamena, Papua. Alhamdulillah untuk kondisi terakhir sudah kondusif,” ucap Komandan Kompi Markas Yonif 501/BY Lettu Inf Darwan.

Sementara Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim Kompol Agus Waluyo menuturkan, Brimob sangat bangga dengan apresiasi para TNI yang miliki pengalaman yang luar biasa. “Kami sangat bangga bisa bersilaturahmi dan ikut memeriahkan hari ulang tahun TNI yang ke-74,” kata Agus.

“Dengan tema TNI Profesional Kebanggaan Rakyat dan Kami TNI Polri Siap Amankan Agenda Pemerintah. Kami sangat bangga bisa bersama dan TNI merupakan guru profesional yang memiliki pengalaman dan kualifikasi yang luar biasa sehingga kami juga secara pribadi ingin belajar juga dari rekan TNI. Tugas yang kami hadapi bisa kita laksanakan dengan bersama-sama dengan bisa menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Agus.

sumber : detik.com