oleh

Polres Mura Himbau Masyarakat Tidak Mudik Lebaran

-Musi Rawas-155 Dibaca

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Polisi Resort (Polres) Mura melakukan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura) untuk tidak melakukan mudik pada perayaan hari raya idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021.

Himbauan tersebut di sampaikan oleh Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Mura AKP Johan Suseno yang di unggah melalui tayang video di chanel account media sosial Facebook Lantasmusirawas https://www.facebook.com/polantas.rawas

Dalam himbauannya tersebut Kasatlantas menyampaikan bahwa himbauan larangan mudik bagi masyarakat tersebut sebagaimana berdasarkan kebijakan pemerintah dimana terhitung sejak tanggal 6-17 Mei 2021 semua masyarakat tidak melakukan mudik lebaran demi memutus mata rantai penyebaran Covid19.

“Merayakan hari raya idul fitri tidak harus pulang kampung”. Tegas Kasatlantas

Secara bersama kita laksanakan kebijakan pemerintah dengan tetap menerapkan pola hidup sehat, Menggunakan Masker, Mencuci tangan menggunakan sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas. Tutupnya

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru tak mempermasalahkan aktivitas mudik oleh masyarakat untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing.

Bagi Herman, larangan mudik hanya berlaku bagi mereka yang pulang/pergi dari luar provinsi Sumatera Selatan.

Untuk warga yang mudik antara kabupaten/kota di Sumatera Selatan masih tetap diperbolehkan.

“Kalau di sini namanya pulang kota, bukan pulang kampung. Karena dia dari kabupaten ke kota atau sebaliknya. Maka nanti ada aturannya yang dibuat, kami duduk bersama dulu,” jelas Herman kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Herman Deru mengatakan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi warga jika ingin mudik Lebaran 2021. Salah satunya warga harus menjalani tes swab antigen terlebih dahulu.

Seperti diketahui mudik dilarang pada 6-17 Mei 2021 bagi seluruh kalangan. Pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pergerakan atau kegiatan di tanggal tersebut kecuali dalam keadaan mendesak dan perlu.

Larangan mudik lebaran sudah resmi diumumkan pemerintah untuk meminimalisir mobilitas masyarakat. Salah satu langkah prefentif juga dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dengan mengeluarkan Surat Edaran No. 13 Tahun 2021 berikut adendumnya. Hal ini merupakan bentuk upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih menjadi musuh bersama. (mus)