Polres Musi Rawas Lakukan Apel Persiapan Pengamanan Obyek Wisata

SILAMPARI ONLINE,

Musi Rawas-Sehubungan dengan bertepatan libur panjang mulai, Kamis (20/8/2020), hingga, Minggu (23/8/2020), seluruh jajaran polri.

Bacaan Lainnya

Maka melaksanakan peningkatan displin masyarakat dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid 19 dan keamanan di objek wisata.

Hal tersebut juga dilaksanakan oleh, personel Polres Mura yang diterapkan di wilayah hukum Polres Mura.

Namun, sebelum ditempatkan para personel, dilaksanakan apel sekaligus pembekalan terlebih dahulu yang dipimpin langsung oleh, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy di halaman belakang apel Mapolres Mura, Kamis (20/9/2020).

“Ya, hari ini kita melangsungkan apel persiapan pengamanan objek wisata, dimana personel diberi arahan dan sekaligus pembekalan,” kata Efrannedy.

Kapolres menjelaskan, adapun giat ini melibatkan seluruh personel Polres Mura dan polsek-polsek, hanya saja untuk apelnya melibatkan personel 25 Polres Mura, 15 personel Polsek Terawas dan 12 Polsek Muara Beliti.

“Jadi kalau untuk apel, hanya perwakilan personel baik polres dan polsek, namun untuk giatnya semua personel disiagakan,” jelas kapolres.

Lebih lanjut, kapolres menjelaskan, adapun personel dilakukan pertama deteksi terhadap lokasi/tempat kegiatan masyarakat yang berpotensi terjadinya pengumpulan massa.

Kedua meningkatkan kehadiran personel Polri, TNI dan Pemda pada lokasi meliputi tempat wisata/hiburan, tempat perbelanjaan, rumah makan, dan tempat-tempat lainnya yang menjadi titik kumpul kegiatan masyarakat.

Ketiga, khusus ditempat ibadah agar disampaikan himbauan untuk mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid 19, keempat melakukan upaya preemtif dengan menyampaikan himbuan kepada masyarakat melalui media sosial, radio, televisi, public address dan spanduk/baleho untuk mematuhi ketentuan tentang protokol pencegahan penularan Covid 19 dengan melakukan 3 M yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan membersihkan tangan.

Kemudian, kelima melaksanakan patroli gabungan baik skala kecil maupun besar utk antisipasi gangguan keamanan dan memantau masyarakat yg berkumpul sekaligus melakukan pendisiplinan dan terakhir melaksanakan dengan penuh sungguh-sungguh dan melaporkannya.

“Ini semua dilakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban terhadap masyarakat serta mencegah pandemi covid 19 (Corona),” tutup kapolres