PTPN VII Unit Betung Kerawo Sumbang 25 Kantong Darah Ke RSUD Sekayu

SILAMPARI ONLINE .BANYUASIN–PTPN VII Unit Betung Kerawo bersama PMI Cabang Musi Banyuasin, mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah di Gedung Pertemuan PTPN VII Unit Betung Kerawo, Jumat (14/08/2020). Kegiatan ini dalam rangka memperingatan HUT ke-75 RI.

TIM Donor Darah diketuai oleh Dr. Ahmad Syaukat merupakan salah satu tenaga dokter di RSUD Sekayu di damping ibu imeda pengurus PMI cabang Muba berjumlah 7 orang petugas PMI.

Bacaan Lainnya

Menurut dr Ahmad Syaukat, bahwa ada 28 orang pendonor kita periksa , namun setelah di cek Kesehatan hanya yang bisa diambil darahnya atau donor hanya 25 orang. 3 orang dinyatakan tidak bisa diambil darahnya kerena tensi darahnya tinggi dan Hemoglobin (HB)nya rendah. ” Jadi bagi peserta donor harus kita lakukan cek dulu sebelum donor layak atau tidak nya untuk trafusi darah, standar pendonor Hemoglobin harus sekitar 12.5 -17 g/dL tidak lebih dari 20g/dL kemudian sehat jasmani,” kata dr Syaukat

Di tambahkan, Imelda pengurus PMI cabang Muba saat ini untuk kegiatan donor darah dalam kondisi pandemi Covid.19.pendonor darah jarang, Namun sisi lain RSUD Sekayu sekarang banyak pasien membutuhkan darah. Jadi kita PMI cabang muba melalui dukungan pemerintah daerah telah melakukan kerjasama (MoU) dengan 9 perusahaan , di mana salah satunya perusahan PTPN VII. Di mana sebelum pandemi Covid PTPN VII ini baik di wilayah usaha di kabupaten Banyuasin dan kabupaten  Musi Banyuasin setiap 3 bulan sekali selalu melakukan donor darah.

” Trus , kita berusaha melakukan kordinasi dengan perusahan yang sudah kerja sama, salah satu unit PTPN VII siap , kemudian PTPN VII unit kerawo menyatakan bersedia melakukan donor darah,” kata Imelda

Lanjutnya, setelah berkordinasi dengan Pihak perusahan melalui Asisten SDM/ Umum dan Poliklinik PTPN VII Kerawo ada 28 peserta yang ikut donor darah , setelah dilakukan tes kondisi pendonor 3 orang tidak bisa donor. Akhirnya sampai telaksana hanya dapat sebanyak 25 kantong darah, kemudian bagi pendonor setelah selesai dikasih susu dan telur sebagai estra puding memulihkan stamina.. Darah terkumpul dari pendonor masing-asing 11 kantong darah (O),  7 kantong darah (A), 6 kantong darah (B), 1 kantong, darah (AB).” Jelasnya.

Manager PTPN VII Unit Betung Kerawo, H. Daniel Solikhin, SP melalui Asisten SDM/ Umum., Wiwin Meliya Santi SKM mengatakan bahwa Selain diikuti karyawan kantor Unit Betung Kerawo , donor darah diikuti anggota TNI , ikatan keluarga besar istri (IKBI) PTPN VII unit Betung Kerawo ” Sebanyak 25 kantong darah terkumpul dari kegiatan bakti sosial ini, dari  25 orang pendonor, ujar Wiwin meliya Santi, Asisten SDM/Umum Perusahaan PTPN VII unit Betung Kerawo, Saat disambangi diruang kantornya, jumat (14/08/2020).

Menurutnya, kegiatan donor darah ini merupakan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75, PTPN VII biasanya Rutin setiap 3 bulan sekali mengadakan donor darah, karena momen 17 Agustus biasanya kita dari perusahan PTPN VII mengadakan bermacam-macam kegiatan lomba.tapi untuk kali ini PTPN VII unit Kerawo  pertama kali kegiatan sosial donor darah bekerja sama dengan PMI cabang Muba. ” kita mengadakan kegiatan sesuai Protokol kesehatan di masà pandemi Covid dibatesi pesertanya, dan darah yang terkumpul kita sumbangkan ke RSUD sekayu,” katanya.

Kita berharap, kedepan kegiatan ini terus kita tingkatkan dan lebih banyak lagi karyawan yang berpartisipasi. Kita juga mengapresiasi karyawan yang telah sukarela mendonorkan darahnya.

” Terima kasih partisipasi semua karyawan PTPN VII unit kerawo, TNI , IKBI Betung Kerawo dan dokter ketua Tim serta Petugas PMI cabang Muba yang mau diundang untuk melakukan kegiatan sosial donor darah di PTPN VII kerawo,” ungkap wiwin .(Heri)