Puluhan Murid SD Ikut KSN Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp

SILAMPARI ONLINE,

TUGUMULYO-Puluhan Siswa-siswi Se Kecamatan Tugumulyo mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan di SDN F Trikoyo pada Selasa, (18/02/2020).

Bacaan Lainnya

Wiyadi selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat SDN Kecamatan Tugumulyo. Kompetisi ini akan memperebutkan piala dan piagam.

“Istilah kompetisi dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) namun pada tahun ini diganti menjadi KSN salah satu bagian untuk menyeleksi para peserta untuk mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitas dan adaftif terhadap perubahan,” jelas Wiyadi.

Peserta KSN yang ikut berjumlah 68 siswa baik dari SD Negeri Se-Kecamatan Tugumulyo dan sekolah swasta. Bahwa ajang ini untuk menyeleksi para peserta yang berprestasi dan nantinya siswa juara di tingkat Kecamatan akan dikirim ke tingkat Kabupaten untuk mengikuti KSN.

Wartono sebagai Korwil Pendidikan Kecamatan Tugumulyo menjelaskan, KSN adalah kompetisi sains nasional yang dulu dikenal OSN, merupakan agenda tahunan jenjangnya lengkap, dari tingkat korwil kemudian, tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat Nasional.

Masih kata dia, Wartono sebagai Korwil melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan siswa secara akulturasi dan kompetitif dalam menentukan perwakilan untuk ke tingkat Kota bidang matematika, IPA, serta lomba siswa berprestasi.

“Ucapan terima kasih kepada teman-teman FK3S yaitu Forum kelompok kerja kepala sekolah SD se-Kecamatan Tugumulyo, mereka adalah kelompok kerja kepala sekolah yang punya andil besar dalam membahas terkait kegiatan di Kecamatan Tugumulyo,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, ia menginginkan pembinaan lebih kontinyu, terkait hasil seleksi OSN atau sekarang KSN, O2SN/KOSN, dan FLS2N ( festival Lomba seni siswa Nasional) yang nanti semuanya akan dilombakan di tingkat yang lebih tinggi.

“Semoga siswa-siswi kami dapat bersaing dan menjadi juara baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat Provinsi, dan siap mengikuti lomba di tingkat Nasional,” harapnya.

Laporan : Novi Ardianto
Editor : Agus Hubya H