Rajut Keragaman Budaya Guna Membangun Mura

Malam Grand Final Mura Mencari Bakat Meriah

SILAMPARI ONLINE,

Muat Lebih

Bertempat di Lapangan Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo, Sabtu (9/11) malam Grand final Musi Rawas (Mura) mencari bakat penyanyi lagu daerah melahirkan tiga penyanyi terbaik asli Mura dari 28 peserta terbaik yang merupakan perwakilan 14 Kecamatan.

Audisi Mura mencari bakat tersebut bertujuan untuk membangun Mura dengan merajut keragaman melalui harmonisasi cinta dalam budaya.
Acara Grand Final Mura Mencari Bakat dihadiri Bupati Mura, H Hendra Gunawan, Ketua TP PKK Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan, Wakapolres Mura, Kompol Handoko, Kepala Disbudpar Mura, Syamsul Joko Karyono berserta jajarannya, dan jajaran Pejabat Pemkab Mura, dan dimeriahkan oleh artis Ibukota, Lilis Suganda.
Tak hanya penampilan artis Kecamatan, dalam malam grand final tersebut Bupati juga membagikan berbagai hadiah dengan doorprize utama satu unit sepeda motor kepada para penonton yang beruntung.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Mura, Syamsul Joko Karyono mengatakan, acara ini disamping memberikan hiburan kepada masyarakat. Tentunya, audisi penyanyi lagu daerah ini juga bertujuan untuk mendapatkan penyanyi lagu daerah terbaru dan upaya mengembangkan nilai-nilai budaya daerah.
“Untuk peserta lomba adalah tim kesenian atau sanggar dari Kecamatan dengan jumlah peserta audisi mencapai 247 peserta dari 14 Kecamatan dan pada malam grand final ini ada sebanyak 28 peserta terbaik dari 14 kecamatan dengan masing-masing kecamatan perwakilan dua peserta,”jelas Djoko sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Mura, memberikan informasi dan hiburan tentang keanekaragaman kesenian daerah yang menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Mura untuk mengetahui lebih luas tentang Mura.
“Langkah ini memberikan kesempatan luas kepada seniman dan seniwati untuk berpartisipasi aktif menggali, membina, melestarikan sekaligus mempromosikan seni dan budaya Mura,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan mengapresiasi Disbudpar yang telah melaksanakan kegiatan ini. Terlebih, kegiatan ini adalah pertama kalinya dilaksanakan, namun tanpa disangka peminatnya sangatlah banyak. Sehingga, dengan begitu kedepan akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda tahunan Mura.
“Untuk para pemenang hendaknya terus belajar dan yang kalah juga terus belajar. Karena audisi ini akan kami agendakan setiap tahunnya agar muncul penyayi baru dan pencipta lagu daerah,”tutur Hendra.

Terlepas dari itu, Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman seni dan budaya. Termasuk Mura yang kaya akan lagu daerahnya.

“Saya berharap kegiatan audisi ini bisa muncul penyanyi-penyanyi muda yang berbakat dari 14 kecamatan yang akan mengenalkan lagu daerah dengan berbagai keragaman untuk membangun Mura,”pungkasnya.

Laporan : Krismanto
Editor : Agus Hubya H