Rahma Senang Dibuatkan Rumah Baru

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Kegiatan peduli kasih lewat program bedah rumah atas inisiasi Polres Lubuklinggau terhadap rumah keluarga Devi Susanti (32), Ibu rumah tangga yang lumpuh dan keterbatasan ekonomi kemarin (19/2) dilaksanakan sesuai rencana sebelumnya. Pukul 09.30 WIB pengerjaaan bedah rumah di Jl Perintis, RT 02, Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II itu diawali dengan pemindahan barang-barang dalam rumah dan dilanjutkan proses pelepasan serta pembongkaran satu persatu bahan bangunan rumah dilokasi itu.

Muat Lebih

“Kegiatan bedah rumah ini memang diinisiasi Polres Lubuklinggau. Apa yang kami lakukan untuk membantu dan tidak ada maksud apapun,” kata Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan bedah rumah kemarin kepada pihak Pemkot Lubuklinggau yang dihadiri langsung Pjs Walikota  Lubuklinggau, H Riki Junaidi.

Lebih lanjut, proses bedah rumah yang dilaksanakan pihaknya kemarin itu, juga sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebagai bentuk kegiatan sosial. “Maksud dan tujuan untuk membantu, kita berbuat baik. Ini murni untuk membantu adik kami,” timpalnya.

Kemudian, solusi yang diambil pihaknya dengan langkah melakukan kegiatan bedah rumah bukan sifatnya sesasat. Namun pihaknya ingin ada solusi permanen untuk keberlangsungan hidup kedepan Devi beserta anak-anaknya. “Jadi tidak ada maksud lain sebenarnya, ini murni. Tidak ada maksud apa-apa, murni kita bantu. Nanti sama-sama kita kawal,” bebernya.

Pjs Walikota Lubuklinggau, Riki Junaidi mengungkapkan adanya kegiatan bedah rumah yang diinisiasi Polres Lubuklinggau bersama dengan kepeduliaan sejumlah dermawan, tentunya suatu bukti kekompakan. Pihaknya mengapresiasi inisiasi Polres Lubuklinggau dan berharap pihak-pihak lain ikut tergerak hatinya untuk berbagi kepada mereka yang masih membutuhkan serta kekurangan. “Ini luar biasa. Kami memberikan apreasiasi atas inisiasi Polres Lubuklinggau,” ujarnya.

Pemkot sebelumnya juga sudah beberapa kali memberikan bantuan kepada Ibu Devi. Khususnya dalam penanganan kesehatan. Dan kemarin, Pemkot Lubuklingau juga menyerahkan bantuan kesekian kalinya. “Tadi sudah lihat langsung Ibu Devi. Ada hak KTP, akte yang belum didapat. Saya sudah perintahkan Camat agar KTP dan akte Ibu Devi seminggu harus diselesaikan,” tegasnya.

Sedangkan untuk kelanjutan pendidikan anak-anak dari Ibu Devi, hal itu akan menjadi tanggung jawab Pemkot Lubuklinggau. “Pemkot akan jadi orang tua asuh Rama, kakak dan adiknya,” kata Riki.

Selama ini, Pemkot Lubuklinggau sepanjang 2017 tahun lalu ada program bedah rumah yang sudah membedah 408 rumah tak layak huni. Dan di 2018 ini pihaknya akan membedah 432 rumah. Yang mana bedah rumah kemarin untuk launching pertama telah dilaksanakan terhadap salah satu rumah warga diwilayah Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuklinggau Utara II. “Kami juga menekankan kepada apapartur Pemkot Lubuklinggau aga respon dan tanggap permasalahan warga,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Riki Junaidi menyerahkan langsung bantuan sembako kepada Rama dan perwakilan keluarga Ibu Devi. Tak hanya itu, Pemkot Lubuklinggau menyerahkan bantuan uang Rp10 juta kepada Ibu Devi yang diserahkan langsung kepada Rahma, putri kedua dari Devi.

Ditempat terpisah, Rahma saat ditemui saat pelaksanaan pengerjaan bedah rumah dilokasi mengaku senang dengan adanya kegiatan bedah rumah oleh Polres Lubuklinggau. Dan dengan polos ketika ditanya menginginkan bentuk rumahnya seperti apa, Rahma menjawab seperti tetangga depan rumahnya yakni minimalis dari beton. “Terima kasih Pak Polisi,”ucapnya.

Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Andi Kumara menambahkan, sebelumnya pada pelaksanaan apel pagi kemarin di halaman Mapolres Lubuklinggau seluruh personel dengan spontan menyerahkan bantuan. Sekitar lima menit, dana terkumpul Rp 5.521.000. “Itu wujud kepeduliaan anggota, spontan inisiatif anggota kita. Alhamdulillah terkumpul lima jutaan,” ucapnya. (HS-13)