iklan
Satu Untuk Semua

Ratusan Proposal Masuk ke Dinsos

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menerima ratusan proposal pengajuan bantuan alat bagi penyandang disabilitas. Namun, kendati begitu untuk realisasinya hanya mampu mengcover 42 alat saja.

“Untuk tahun ini kita kembali menyiapkan bantuan alat-alat khusus bagi penyandang disabilitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” jelas Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Agus Susanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Muslimin saat diwawancarai Harian Silampari, Selasa (12/6).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk pengajuan bantuan alat penyandang disabilitas diakui sangat membludak dan kurang lebih mencapai 250 profosal dari kuota 42 alat yang disediakan. Sehingga, dengan kondisi tersebut maka pihaknya akan bekerja sama dengan Baznaz untuk mengcoper pengajuan tersebut. “Untuk anggaran yang kita sediakan kurang lebih mencapai Rp200 juta. Dimana, dari ketersediaan dana tersebut hanya mampu memenuhi 42 alat bantuan penyandang disabilitas saja,” terangnya.

Menurutnya, untuk jenis alat bantuan penyandang disabilitas yang akan diberikan nantinya antara lain, 10 unit kursi roda, 2 pasang kruk ketiak, 1 tongkat stroke, 7 alat pendengar dan 8 paket usaha ekonomi produktif baik mesin jahit ataupun usaha toko sembako.

“Sebelum bantuan tersebut diberikan maka kita turunkan tim verifikasi untuk kelapangan layak atau tidak dan kategori miskin mendapatkan bantuan tersebut,” paparnya.

Mengenai jumlah penyandang disabilitas yang ada di 14 Kecamatan. Maka dirinya mengakui untuk angka disabilitas diakui masih sangat tinggi dan saat ini terdata kurang lebih mencapai 2000 jiwa. “Artinya rata-rata setiap Kecamatan kurang lebih ada 200 warga yang menyandang disabilitas. Namun, terkadang ada pihak keluarga terkesan tidak mau melapor karena malu,” tuturnya.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya bantuan ini maka setidaknya membuat penyandang disabilitas yang ada bisa mandiri dan membantu perekonomian keluarga untuk menompang hidupnya. “Kedepan untuk penyandang disabilitas akan membentuk forum penyandang disabilitas Mura untuk mendata apa yang menjadi kebutuhan mereka dan nantinya dilaporkan ke Dinsos,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Mahmud berharap agar adanya bantuan yang diberikan oleh Dinsos Mura dapat membantu penyandang disabilitas khususnya dalam menunjang perekonomian ditengah keterbatasan yang ada. “Kita minta kedepan perhatian atau bantuan yang ada selama ini terhadap penyandang disabilitas dapat ditingkatkan. Mengingat, dengan keterbatasan tentunya kemampuan mereka untuk bekerja akan terbatas,” pungkasnya. (HS-03)

Komentar
Loading...