Ratusan Umat Budha Lubuklinggau Rayakan Hari Kathina Dana 2563 BE/2019

SILAMPARI ONLINE

RATUSAN umat Buddha yang tergabung dalam Vihara Dhamma Ratana Lubuklinggau, Kamis (08/11/2019) pukul 08.13 WIB merayakan hari Kathina Dana 2563 BE/2019 dengan memberi, membawa, kemuliaan.

Muat Lebih

Perayaan Kathina Dana diawali dengan pelaksanaan Pindapatta sepanjang Jalan Yos Yudarso tepatnya dari SMart Hotel menuju simpang RCA, kemudian menuju Lapangan Kurma dan kembali ke SMart Hotel.

Pelaksanaan perayaan Kathina sebagai salah satu perayaan umat Buddha, sebagai ungkapan rasa terima kasih umat Buddha terhadap Sangha yang telah menjalankan vassa dan dalam acara Pindapatta ini dihadiri delapan Bhikkhu Sangha Theravada Indonesia. Meliputi YM Jagaro Mahathera, YM Bhikkhu Atimedho Mahathera, YM Bhikkhu Guttadhammo Thera, YM Bhikkhu Indaguno Thera, YM Bhikkhu Vipulasilo, YM Bhikkhu Indadharo, YM Bhikkhu Virasatiko, YM Bhikkhu Dhirajayo, YM Bhikkhu Cirajayo.

Saat umat Buddha memberikan barang kepada Bhikkhu saat melakukan Pindapatta dalam perayaan Hari Raya Kathina Dana 2562 BE 2019.

Dalam Kegiatan Pindapatta semua Bhikkhu ini mengenakan jubah warna orange yang kemudian berjalan tanpa menggunakan alas kaki sepanjang Jalan Yos Sudarso tepatnya dari SMart Hotel menuju Simpang RCA, kemudian menuju lapangan Kurma dan kembali ke Hotel SMart.

Di sepanjang jalan yang dilalui, para umat Buddha telah bersiap menanti kehadiran para Bhikkhu dengan menyiapkan bermacam-macam persembahan yang akan diberikan, seperti misalnya jubah, obat-obatan, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Perayaan Kathina Dana tahun ini bertema Memberi Membawa Kemuliaan.

Salah seorang umat Budha, Ciputra Darmawan mengatakan, pihaknya merasa sangat senang dan menyambut dengan suka cita. GM SM Swalayan ini menjelaskan, peringatan Kathina Dana 2563 BE/2019 ini, sebagai umat budha memberi sandang pangan pada pada bante. Hal ini sebagai pelajaran kepada Umat Budha untuk mendapatkan kebaikan dan kebijakan.
“Kami sangat bangga dan suka cita menyambut hari Kathina dana yang diperingati setiap tahun. Nanti malam, puncak acara di SMart Hotel dan akan dihadiri semua vihara se Kota Lubuklinggau,” ungkapnya.

Laporan : Agus Hubya H