Realisasikan DD Guna Percepatan Pembangunan Desa

Antusias warga secara padat karya sedang mengerjakan pembangunan jalan rabat beton melalui DD di Desa Lubuk Muda Kecamatan Muara Kelingi

SILAMPARI ONLINE

Adanya kucuran Dana Desa (DD) oleh Pemerintah Pusat melalui APBN benar-benar dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Muda Kecamatan Muara Kelingi. Bahkan, dana tersebut direalisasikan untuk pemerataan dan percepatan pembangunan Desa.
Kepala Desa (Kades) Lubuk Muda Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Mifta Choiri mengatakan adanya bantuan DD direalisasikan untuk membiayai penyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat bertujuan mensejahterakan masyarakat pedesaan.

“Kucuran bantuan DD digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur yang ada Desa demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakatnya,”jelas Mif sapaan akrabnya kepada Harian Silampari, Jum’at (20/9).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk tahun 2019 yakni tahap 1 sebesar Rp289.518.600, tahap kedua Rp579.037.200 dan tahap ketiga sebesar Rp61.444.200.

“Memang sebagian besar untuk penggunaan DD tahun ini mayoritas dibidang fisik dan semuanya sudah selesai direalisasikan,”terangnya.

Menurutnya, untuk penggunaan DD tahap I dan II telah direalisasikan. Dimana, tahap digunakan pembangunan gedung PAUD di Dusun III, jalan rabat beton di Dusun II sepanjang 115 meter.

“Sedangkan tahap II direalisasikan pembangunan gedung tempat pengajian anak-anak (TPA), jalan rabat beton dan pengerasan jalan di Dusun II. Kemudian, kalau tahap tiga lanjutan pembangunan TPA,”paparnya.
Mengenai alasan pembangunan kegiatan fisik tersebut. Maka dirinya mengakui disamping telah melalui musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes). Tentunya, sudah menjadi skala prioritas seperti gedung PAUD karena belum tersedia. Sehingga, sangat wajar jika dibangun untuk membekali anak pendidikan sejak dini serta mendukung program Mura Sempurna Cerdas.

“Kalau jalan rabat beton sebagai akses warga yang menghubungkan I RT 1 ke RT II. Sedangkan, kalau TPA guna mendukung Mura Sempurna Religius Darussalam. Termasuk, pengerasan jalan ke perkebunan warga yang sebelumnya kondisi jalan tersebut masih tanah merah,”bebernya.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya bantuan DD membantu perkembangan dan pemerataan dan percepatan pembangunan infrastruktur di Desa Lubuk Muda bisa terwujud, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, ia juga berterima kasih juga peran serta, partisipasi dan dukungan dari warga masyarakat Desa yang antusias serta turut mengawasi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur dari program bantuan dari Pemerintah tersebut.

“Intinya semoga dengan pembangunan infrastruktur dari DD ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pemerataan pembangunan di Desa Lubuk Muda bisa terwujud,”pungkasnya. (HS-03)