Realisasikan DD Guna Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa

Silampari Online,
MUSI RAWAS-Seyogyanya adanya kucuran Dana Desa (DD) oleh Pemerintah Pusat melalui APBN agar memberikan efek besar terhadap pemerataan pembangunan guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga, dengan kondisi tersebut realisasinya benar-benar diimplentasikan khususnya di Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi.
Kepala Desa (Kades) Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Muhamad Rozikon, mengatakan bahwa melalui DD Pemerintah Pusat terus gencar menggelontorkan kucuran bantuan yang peruntukkannya untuk membiayai penyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat pedesaan.
“Kucuran bantuan DD digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur yang ada Desa demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakatnya,”jelas Rozikon kepada Harian Silampari, Jum’at (25/1).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, disadari bahwa penggunaan DD tentunya harus dipergunakan sebagaimana pada tujuannya untuk kepentingan secara bersama terutama masyarakat Desa pada umumnya.
“Untuk pengelolaan DD sesuai komitmen bersama digunakan secara transparan dan kepentingan bersama dalam menunjang percepatan pembangunan Desa dan sebagian besar untuk penggunaan DD tahun ini mayoritas dibidang fisik dan semuanya sudah rampung direalisasikan,”terangnya.
Menurutnya, untuk pembangunan sektor fisik memang skala prioritas kebutuhan masyarakat. Diantaranya, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 400 meter, pembangunan talud penahan banjir, gedung olahraga tepatnya gedung futsal, plat dueker sebanyak lima buah dan pembangunan drainase.
“Untuk pembangunan sektor fisik dikerjakan secara padat karya yang melibatkan warga Desa dengan upah sesuai dengan aturan yang ada,”akunya.
Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya bantuan DD membantu perkembangan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di Desa Temuan Jaya bisa terwujud, demi meningkatkan kesejahteraan dan roda perekonomian warga. Bahkan, ia juga berterima kasih juga peran serta partisipasi dan dukungan dari warga masyarakat Desa yang antusias serta turut mengawasi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur dari program bantuan dari Pemerintah tersebut.
“Intinya semoga dengan pembangunan infrastruktur dari DD ini mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan pemerataan pembangunan di Desa Temuan Jaya bisa terwujud serta memperlancar roda perekonomian masyarakat,”pungkasnya. (HS-03)