Rejang Lebong Butuh Dokter Spesialis Mata

SILAMPARI ONLINE

REJANG LEBONG– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup masih kekurangan tenaga dokter spesialis Mata. Padahal pernah melakukan kerjasama dengan Pemkot Lubuklinggau guna mendatangkan dokter spesialis THT, spesialis Kulit. Begitu juga dengan spesialis jiwa dari Provinsi Bengkulu.

Muat Lebih

Direktur RSUD Curup drg.Asep Setia Budiman melalui Kepala Bidang Pelayanan RSUD Curup, Sopan ditanya Harian Silampari, Selasa (3/9) mengatakan kekurangan dokter spesialis yang lain sudah terpenuhi. Tapi untuk spesialis mata belum.

“Saat kita masih mencari dan menghubungi kabupaten tetangga maupun Provinsi Bengkulu. Kekurangan tenaga dokter spesialis mata memang sudah lama terjadi. Kendalanya dokter spesialis mata susah dicari. Untuk mengantisipasi kekurangan tenaga dokter spesialis ini kita berupaya melakukan kerjasama dengan daerah tetangga, salah satunya dengan Pemkot Lubuklinggau, Provinsi Sumsel serta berkonsultasi dengan Pemprov Bengkulu,” terang Sopan.  

Ia menyebutkan kerjasama RSUD Curup nanti dituangkan dalam MoU untuk kebutuhan mata. Sedangkan untuk surat permohonan dan kerjasama sudah dilayangkan ke provinsi dan Lubuklinggau. Namun saat ini kita masih menunggu jawabannya dari kedua belah pihak tersebut.  

“Tenaga dokter ini pada hari-hari tertentu akan bertugas dan memberikan pelayanan di RSUD Curup. Mereka bertugas beberapa hari dalam setiap bulan. Dengan adanya kerjasama dilakukan ini setidaknya kebutuhan tenaga dokter spesialis di RSUD Curup dapat terpenuhi, kendati dokternya tidak setiap hari bertugas,” papar Sopan. 

Sementara itu, kebutuhan tenaga dokter spesialis sudah mereka ajukan ke Pemkab Rejang Lebong dan pemerintah pusat. Dengan alasan untuk kebutuhan tenaga spesialis lainnya. Seperti kebidanan sudah ada tiga orang, spesialis penyakit dalam dua orang, spesialis anak dua orang, radiologi satu orang, dokter spesialis anastesi dan spesialis bedah.(HS-06)