Rekrutmen Satpam Utamakan yang Bermoral Baik

AMANAT : Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto saat membacakan amanat tertulis Kapolri dalam peringatan HUT ke-39/2020 Satpam, Rabu (22/1/2020). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) harus memiliki spesifikasi khusus. Diantaranya, memilki moral yang baik, berintegritas, dan memiliki kemampuan (skil) serta pendidikan yang baik.

“Sebenarnya perekrutan anggota Satpam, itu harus mempertimbangkan dari segala aspek, namun yang terpenting harus memiliki moral yang bagus. Karena banyak terjadi, ada (oknum) anggota Satpam yang tidak baik moralnya justru terlibat tindak kriminal,” ungkap Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto saat dibincangi wartawan, usai pelaksanaan upacara HUT ke-39/2020 Satpam di lapangan Mapolres Empat Lawang, Rabu (22/1).

Muat Lebih

Makanya, sejumlah Instansi baik Pememrintah maupun swasata atau BUMN kata Kapolres, saat melakukan perekrutan anggota Satpam, mereka minta itu dilakukan/bekerja sama dengan TNI dan Polri agar sesuau dengan spesifikasi yang diharapkan. “Karena ini sangat membantu mereka sekali, mereka tahu spesifikasinya bagaimana dan kondisi masyarakatnya bagaimana dan perekrutan yang mereka lakukan ini, juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat,” jelasnya.

Satpam terang Kapolres, harus mengetahui apa yang menjadi ancaman dan apa yang berpotensi menjadi gangguan di lokasi dan sekitar di mana dia bekerja. “Apa yang menjadi salah satu tugas pokok Satpam merupakan juga salah satu tugas pokok TNI/Polri yang juga harus menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas,” terangnya.

Secara institusi, Polri sebut Kapolres tidak bisa memberikan perlindungan dan hak-hak anggota Satpam secara khusus, karena anggota Satpam bukan aparatur sipil negara (ASN). Makanya, melalui institusi berbadan hukum yang jelas, mereka akan terlindungi.

“Makanya, institusi swasta, institusi pemerintah dan BUMN, mereka boleh merekrut sendiri anggota Satpam, namun tetap dilaporkan keberadaannya ke Polri,” pungkasnya.

Diketahui, pada pelaksanaan upacara HUT ke-39/2020 Satpam di lapangan Mapolres Empat Lawang, Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto bertindak sebaga Inspektur Upacara.

Upacara ini diikuti puluham anggota Satpam perwakilan berbagai instasi swsata dan pemerintah, anggota TNI/Polri dan dihadiri Wakil Bupati Empat Lawang, Yulius Maulana dan sejumlah SKPD dalam jajaran Pemkab Empat Lawang.

Selain menggelar upacara, HUT ke-39/2020 Satpam yang dipusatkan lapangan Mapolres Empat Lawang, juga dilaksanakan acara ramah-tamah bersama anggota Satpam se Kabupaten Empat Lawang, saat pelaksanaan upacara usai digelar. (frz)