Relasi Harus Dongkrak Pemilih

Silampari Online,
BATURAJA TIMUR – KPU OKU berharap Relawan Demokrasi (Relasi) dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST saat pembekalan 55 Relasi, kemarin (24/1) di Hotel BIL Baturaja.
Menurut Naning, Relasi adalah bagian dari Pemilu yang membantu KPU dalam mensosialisasikan pemilu. Disebutkan Naning, dari tahun ke tahun partisipasi masyarakat dalam pemilu mengalami penurunan sejak 1999 hingga 2014 lalu.
Oleh karena itu, Relasi dibentuk untuk mensosialisasikan pemilu. Sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih, minimal sama dengan tingkat nasional yakni 77,5 persen.
“Pembentukan Relasi ini adalah salah satu strategi KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilihan yang dari tahun ketahun yang mengalami penurunan partisipasi pemilihan,” jelasnya.
Dikatakan Naning, Relasi merupakan agenda nasional yang sudah dicantumkan dalam UU dan PKPU tentang kampanye. Tujuannya membantu mensosialisasikan pemilu hingga hari pencoblosan. Apalagi, pemilu April mendatang merupakan pilpres dan pileg yang pertama kali dilaksanakan serentak.
“Relawan Demokrasi ini direkrut dan dibekali tentang Pemilu. Kita harapkan dapat mengajak masyarakat dengan sukaria dan senang hati memilih,” harapnya.
Para relawan ini bakal menyentuh ke masyarakat sesuai basis-basisnya. Yakni basis agama, keluarga, marjinal, komunitas, disabilitas, warga net, pemilih pemula, pemuda, dan pemilih berkebutuhan khusus.
“Para relawan demokrasi yang dapat menyentuh basis masyarakat untuk mensosialisasikan pemilu. Sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilih mereka pada 17 April nanti,” jelasnya.
Sementara itu Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Abu Nawas SH, mengingatkan para Relasi untuk menjalankan tugasnya dengan maksimal. Berdasarkan pengalaman, partisipasi pemilih pada Pemilu nasional maupun pemilukada cenderung menurun.
“Ini menjadi tugas kita semua, bukan hanya Relasi. Pemilu ini menentukan nasib bangsa ini lima tahun mendatang,” pungkas Abu saat menjadi pemateri Pembekalan Relawan Demokrasi Pemilu 2019. (apk)