Ribuan Hektar Lahan di Desa Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu Terbakar

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS
– Ribuan hektar lahan di Desa Lubuk Pauh Kecamatan BTS Ulu terbakar. Bahkan, hingga kini api tak kunjung padam. “Ribuan hektar lahan sudah terbakar, hingga kini belum padam. kami sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api, tapi hasilnya masih nihil,”jelas kepala Desa (Kades) Lubuk Pauh MK Afendi kepada Harian Silampari, Senin (23/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, kebakaran lahan dengan jumlah ribuan hektar tersebut, membakar kebun plasma masyarakat dan kebun milik warga. “Kami sudah koordinasi dengan BPBD, camat dan instansi terkait untuk meminta bantuan. Namun Damkar dari PT Medco belum mampu memadamkan api,”terangnya.

Menurutnya, ia khawatir jika api sampai ke Desa dan melahap rumah warga. Selain itu, jika tidak dipadamkan segera takutnya kembang api yang berterbangan dapat menyebabkan titik api yang baru. “Intinya warga akan terus berupaya memadamkan api. Sebab, bila kebakaran semakin meluas tentu akan sangat mengkhawatirkan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Paisol menjelaskan bahwa, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Kades Lubuk Pauh dan pihaknya sudah meminta bantuan kepada PT Medco. “Alat damkar PT Medco sudah ke lapangan karena jarak tempuhnya dekat. Sedangkan kami jarak tempuh cukup jauh,”tutur Paisol.

Sedangkan, Camat BTS Ulu Maidi Imam menyampaikan, terkait kebakaran lahan di Lubuk Pauh dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak PT PHML. “Pagi ini (kemarin) tim dari PT PHML akan ke TKP untuk membantu warga memadamkan api,”pungkasnya. (Krimanto/Harian Silampari)