Ribuan Mahasiswa Turun Ke Jalan Tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Silampari Online

Palembang – Ribuan mahasiswa sekota Palembang turun ke jalan menggelar aksi demo menolak omnibus RUU Omnibus Law Cipta Karja di simpang lima DPRD Sumsel, Rabu (07/10/2020).

Bacaan Lainnya

Aksi unjuk rasa dilakukan oleh gabungan kampus Sekota Palembang. Mereka unjuk rasa di sepanjang simpang lima DPRD Sumsel. Sehingga mengakibatkan jalan disekitar mengalami kelumpuhan.

Mereka meneriakkan kekecewaan terhadap anggota DPR usai mengesahkan undang-undang yang dianggap merugikan buruh tersebut.

Pantauan di lapangan, mahasiswa awalnya melakukan orasi di depan taman simpang lima DPRD Sumsel dengan pengawalan ketat dari kepolisian.

Kemudian, mahasiswa kembali merangsek masuk menuju gedung DPRD Sumsel meskipun tidak sampai masuk ke halaman DPRD Sumsel.

Hingga berita ini diturunkan, terhitung sudah lebih dari 100 orang yang diduga penyusup diamankan polisi.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Anom Setiyadji mengatakan, ada sekitar 100 orang diamankan yang diduga sebagai penyusup dan juga alat bukti berupa senjata tajam, dan bom molotov.

“Pelaku sudah kami amankan dan akan dilakukan penyelidikan. Mereka diduga bakal membuat situasi penyampaian orasi menjadi ricuh.Sekitar 1.200 personel kami terjunkan”, ujarnya.

Meskipun physical distancing dilanggar, massa aksi masih menggunakan masker.

“Semoga kedepannya ini tidak terjadi lagi. Tadi kita lihat sendiri banyak yang tidak patuh protokol kesehatan. Semoga kita semua sehat,” pungkasnya. (vin)