RSUD Empat Lawang Siapkan 9 Ruangan dan 11 Bad Untuk Pasien Corona

SILAMPARI ONLINE,

EMPAT LAWANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang mengambil langkah cepat guna mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 di Kabupaten Empat Lawang.

Bacaan Lainnya

Setidaknya 9 ruangan isolasi dan 11 bad disiapkan pihak rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang ini, jika terjadi lonjakan pasien positif COVID-19 yang masuk ke RSUD Empat Lawang.

Direktris RSUD Empat Lawang, dr Devy Andrianti mengatakan, ruang isolasi yang disiapkan sudah ditinjau Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan dinyatakan layak sesuai standar, meski diakui masih banyak kekurangan namun 85 persen sesuai standar karena bangunan sudah permanen dan dilengkapi kelengkapan dan pendukung yang standar.

“Ruangan yang digunakan yakni ruang asrama milik RSUD yang juga sudah mendapat persetujuan dan perintah Bupati Empat Lawang. Saat ini sudah ada empat pasien yang isolasi dan dalam perawatan,” ungkap Devi kepada sejumlah wartawan, Kamis (17/9).

Dijelaskannya, untuk merawat pasien corona pihaknya sudah menugaskan sebanyak 32 pegawai terdiri dari tenaga dokter, medis dan tenaga kesehatan. Para perltugas ini dibebastugaskan pekerjaan lain karena fokus ke pelayanan pasien COVID-19.

“Nah, untuk melaksanakan tugas, para tenaga kesehan ini dibagi menjadi tiga tim, dengan komposisi tim pertama tim jaga, tim kedua tim siaga dan ketiga tim isitirahat,” urainya.

Untuk fasilitas bagi 32 pegawai tadi disiapkan pula tempat istirahat dan tempat tinggal di lantai 2 gedung RSUD termasuk loundri dan makan. “Intinya mereka tidak campur-campur dengan yang lain,” jelas Devi.

Di siisi lain, Devi menghimbau masyarakat jangan khawatir dengan penggunaan alat swab karena terdengar anggapan alat swab digunakan bergantian sehingga berangapan menjadi jembatan penularan padahal tidak karena satu paket alat swab hanya digunakan untuk satu orang dan sekali pakai tidak bisa digunakan lagi.

Kemudian yang dinyatakan positif corona dinyatakan masyarakat tipes, itu tidak lah benar. Karena alat swab sudah dinyatakan positif. “Semoga pasien sembuh, Empat Lawang kembali bebas corona dan kembali zona hijau,” harapnya. (frz)