Rumah Warga Terendam Banjir

BANJIR : Sejumlah rumah di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Empat Lawang, terendam banjir, Jum'at (7/2/2020) pagi. Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Akibat hujan yang cukup lebat dan draenase yang buruk, sejumlah rumah di RW 3 Kelurahan Kelumpang Jaya Kecamtan Tebing Tinggi, terendam banjir, Jum’at (7/2) pagi sekitar jam 8.00 WIB.

“Ada sedikitnya 6 unit rumah sudah kemasukan air, jika hujan belum juga berhenti, saya khwatir makin banyak rumah warga yang terendam banjir,” ungkap Ketua RT 1 RW 3 Kelurahan Kelumpang Jaya Tebing Tinggi, Marianto saat dihubungi wartawan melalui saluran telepon.

Muat Lebih

Dijelaskannya, banjir terjadi dengan kedalaman sekitar 30 hingga 40 cm, karena terjadi hujan yang cukup deras dan kecilnya draenase di wilyah hilir ke arah SD Negeri 9 Tebing Tinggi, menambah parah keadaan.

“Pemukiman terus bertambah, namun tidak dibarengi dengan peningkatan penggelolaan saluran pembuangan air limbah, itu salah satu penyebabnya,” terang Marianto.

Saluran draenase yang sekarang sebut dia, sudah tidak bisa lagi menampung debit air yang cukup besar saat hujan terjadi. Disamping itu, draenase juga sudah cukup tua karena dibangun sudah cukup lama. “Solusinya, draenase diperlebar lagi, agar dapat menampung debit air yang cukup besar saat hujan deras mengguyur seperti saat ini,” ucapnya.

Kesadaran masyarakat juga, lanjut dia, juga diperlukan agar tidak terjadi banjir. Seperti tidak membuang sampah ke gorong-gorong atau saluran draenase yang ada.

“Juga harapan saya, ada rasa tepo seliro diharapkan kepada warga yang tidak terkena banjir, untuk membantu warga lain yang terendam banjir, agar aliran air menjadi lancar dan banjir cepat surut,” tandasnya. (frz)