Rupit Juara Umum MTQ tingkat Kabupaten Muratara

Silampari Online

MURATARA – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke IV Tingkat Kebupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang dilaksanakan dari 19 sampai 24 Februari 2018. Bertempat di lapangan Kelurahan Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo usai sudah, setelah dewan hakim membacakan keputusan dan akhirnya Kecamatan Rupit sebagai juara umum.

Muat Lebih

Camat Rupit Hj Gusti Rohmani mengatakan, sangat gembira karena bisa mempertahankan juara umum MTQ tingkat Kabupaten Muratara ke III yang dilaksanakan di Kecamatan Karang jaya tahun lalu.

“Sangat bangga dan bahagia karna kami tidak menyangka akan dapat juara umum,” ungkap Camat, Sabtu (24/2).

Ia mengaku, dari awal dirinya selalu memantau dan menerapkan disiplin waktu supaya Qori dan Qori’ah cukup istirahat dan tidak hanya melakukan pengawasan tetapi juga memberikan pelatihan atau bimbingan terhadap peserta yang dikirimnya. ”Kalau kami diatur, maksimal  jam 10 malam sudah tidur, mereka boleh latihan asal jangan mengganggu waktu tidur. Kami selaku Camat dengan menerapkan trik-trik seperti itu mereka disiplin. Kedisiplinan para peserta inilah sehingga dapat membuahkan hasil yang betul-betul berkualitas,” akunya.

Camat berharap dalam MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan nanti Kabupaten bisa menjadi juara terkhusus dari perwakilan Kecamatan Rupit. “Harapan kami ditingkat provinsi juara juga, sebelum mengikuti MTQ tingkat provinsi agar mereka menyiapkan diri terutama dari segi kesehatan, kesiapan latihan nanti akan di TC oleh kabupaten dan betul-betul serius untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi,” harapnya.

Camat menambahkan, dengan adanya janji bupati siapa yang masuk final apalagi juara MTQ tingkat provinsi akan diberangkat umroh.”Anak-anak sangat antusias karena janjinya Bupati jangankan juara ikut final saja MTQ tingkat provinsi dia akan memberikan umroh kepada para peserta. Ini merupakan motivasi bagi mereka untuk menampilkan yang terbaik ditingkat provinsi nanti,” kata camat.

Sementara Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) sekaligus ofisial dari Kecamatan Rupit Muhamad Ali mengatakan pihaknya sangat bangga sekali karena atas kerja sama yang baik antara KUA dan Camat akhirnya Kecamatan Rupit dapat juara umum, mudah-mudahan tahun depan dapat lagi. “Yang penting ada kerja samanya, dengan kerja sama yang baik inilah akhirnya kita jadi juara umum, kalau tidak ada kerja sama mana bisa ” harapnya.
Untuk mempertahankan juara umum lanjut Muhamad Ali, tentunya selalu berusaha dan menjaga komunikasi dengan para Qori dan Qori’ah. “Hubungan baik dengan Qori dan Qori’ah tetap jalan sehingga esok-esok hari dia akan ikut kita. Dan kalau tidak ada hubungan baik, merajuk mereka, ”pungkasnya. (HS-12)