Rutin Gotong Royong Bersih Desa

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ISTIMEWA</div></small> <strong>BERSIH :</strong> Pemerintah desa dan masyarakat Desa Bukit Langkap rutin melaksanakan gotong royong membersihkan desa sekaligus melakukan penampalan jalan poros desa yang berlobang.

Silampari Online,

MURATARA – Pemeritah Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara bersama masyarakat rutin melaksanakan gotong royong membersihkan desa sekaligus melakukan penampalan jalan poros desa yang berlobang.

Muat Lebih

Kepala Desa Bukit Langkap, Dobi Ariandi mengatakan pihaknya mengajak masyarakatnya untuk membersihkan lingkungan desa sepanjang jalan poros Desa Bukit Langkap guna menggalakan budaya gotong royong di masyarakat.

“Dengan ini lah kami bersama masyarakat menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap desa dengan cara menjaga dan memelihara lingkungan desa,” kata Dobi, kemarin.

Lanjutnya, kegiatan gotong royong tersebut merupakan hasil musyawarah aparatur desa bersama BPD dalam pertemuan rutin, sehingga disambut antusias warga untuk peduli lingkungan desa yang bersih.

“Kerja bakti ini rutin kami laksanakan, dan sudah berjalan sejak saya menjadi kepala desa tahun 2016 lalu hingga saat ini,” imbuh Kades.

Sementara itu, Hadi (20) warga setempat saat dibincangi Harian Silampari mengatakan, gotong royong adalah bagian dari budaya Desa Bukit Langkap sejak dulu sebagai peninggalan nenek moyang sebelumnya.

“Dari dulunya budaya gotong royong sudah ada, bahkan dulu membangun rumah warga juga dengan cara gotong royong, sampai sekarang masih ada budaya itu, biasanya seperti pengecoran dan pasang genteng gotong royong,” katanya.

Dilanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir, bakti sosial masyarakat terus digalakkan, seperti membangun masjid, membantu warga rehap rumah hingga pembersihan lingkungan desa. (KHS-01)