oleh

Salat Idul Fitri dan Takbiran, Ini Imbauan PCNU Musi Rawas

-Musi Rawas, Utama-475 Dibaca

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengeluarkan sejumlah imbauan kepada masyarakat jelang hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Himbauan tersebut sebagaimana adanya Maklumat Dewan Pimpinan MUI Provinsi Sumsel Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H Nomor : 002.MUI-SS/V/2021 tertanggal 5 Mei 2021 diantaranya menyatakan Sholat Idul Fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushollah dan tempat lainnya dengan memperketat protokol kesehatan (Prokes).

“Sholat Idul Fitri yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada yang dilakukan secara sendiri – sendiri, akan tetapi Sholat Idul Fitri juga dapat dilaksanakan di rumah, kemudian Jika dilaksanakan di luar rumah dianjurkan kepada penyelenggara khususnya bagi Desa yang diduga pada zona merah agar berkoordinasi dengan pejabat pemerintah setempat dan tetap memenuhi protokol kesehatan,” tutur Kyai Ustman Syafi’i Saat dihubungi Silampari Online Jum’at (7/5/2021)

Jadi bagi warga yang tinggal di zona merah, disarankan untuk melaksanakan salat id di dalam rumah. Tetapi kalau berada masuk zona kuning, oranye, apalagi hijau, dipersilakan untuk mengikuti salat id di masjid atau lapangan tetapi dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak,sedangkan untuk mencegah bahaya penularan Covid 19, takbiran bisa dilakukan di Masjid dan Musholla.

Imbauan tersebut dikeluarkan sebagai bentuk tanggung jawab NU untuk bersama-sama membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 ini.

“Sebagai salah satu ormas dengan anggota terbesar, NU punya kewajiban mengupayakan agar masyarakat semakin sadar mematuhi protokol kesehatan. Agar pandemi ini bisa segera selesai,” ujar Kyai Ustman Syafi’i

“Kalau banyak yang tidak disiplin, akan semakin sulit pandemi ini diatasi. Kita akan menunggu lebih lama lagi untuk bisa aktivitas normal seperti sekolah tatap muka dan sebagainya, untuk itu mari kita Senantiasa memohon kepada Allah SWT, semoga bangsa dan negara ini terbebas dari segala bahaya (Covid 19) dan fitnah menuju terwujudnya negara yang adil, makmur dan sejahtera dibawah lindungan Allah SWT,” pungkasnya. (Mus)