Sampah Terkendala Penampungan dan Angkutan

TEMU : Kegiatan pertemuan antara Lurah dengan Ketua RT/RW se Kelurahan Tanjung Kupang, Senin (16/9/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Lurah Tanjung Kupang Kecamatan Tebing Tinggi, Noverman mengakui sampah di wilayahnya terkendala tempat penampungan dan pengangkutan. Hal ini dikatakannya kepada wartawan, setelah melakukan pertemuan dengan Ketua RT/RW se Kelurahan Tanjung Kupang, Senin (16/9/2019).

Menurut dia, dalam pertemuan itu terungkap bahwa warga sudah melakukan pengumpulan sampah namun sayang saat akan dibuang tidak ada tempat. Kemudian tidak juga ada petugas yang melakukan pengambilan, hal ini harus dia koordinasikan kepada pihak terkait agar persoalan sampah yang tidak boleh dianggap enteng ini bisa diselesaikan dengan baik.

Muat Lebih

“Alhamdulillah beberapa RT sudah menerapkan pemungutan sampah swadaya, ini bisa jadi masukan bagi lingkungan lain agar sampah tidak berserakan,” kata Noverman.

Disisi lain, lanjut Noverman, untuk menanggulangi sampah, pihaknya telah membagikan tong sampah ke semua RT dan RW. “Semua sudah dibagikan, Insyaallah bisa mendapatkan manfaat soal sampah di lingkungan masing-masing,” harapnya.

Noverman mengaku akan melakukan kooridinasi kepada pihak terkait agar bisa menyediakan bak sampah per RT atau RW sekaligus jadwal pengangkutan yang permanen. “Mudah-mudahan ada solusinya,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang Ketua RT di Kelurahan Tanjung Kupang, Azhari mengaku persoalan sampah bukan hal yang baru. Namun jika dilihat bahwa persoalan pengangkutanlah yang membuat sampah menumpuk. Pasalanya sepengetahuan yang dia, terima pengangkutan sampah dilakukan pihak terkait sebanyak dua hari sekali bahkan tidak menutup kemungkinan akan berlangsung empat hari sekali. “Kendalanya ada pada armada,” tukasnya. (HS-05)