Santoso : Rumah Bagus Masih Terima Bansos

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Kendati sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup), nyatanya pemasangan stiker penerima bantuan sosial (Bansos) cenderung lamban. Mengingat, masih banyak Desa belum merealisasikan pemasangan stiker tersebut. “Seharusnya warga yang menerima bantuan sosial (bansos) dipasang stiker dirumahnya. Sebab banyak penerima bansos tidak tepat sasaran,”kata Santoso warga Kecamatan Tuah Negeri kepada Harian Silampari, Kamis (19/9)).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, jika dipasang stiker di rumah penerima bansos, maka penerima bansos yang terbilang mampu akan berpikir untuk menerima bansos. “Bansos itu untuk warga yang kurang mampu. Namun fakta di lapangan, masih banyak orang yang memiliki rumah bagus dan masih tetap menerima bansos,”ceritanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mura, Agus Susanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Depi Siswanto menjelaskan, untuk saat ini baru dua Kecamatan yang sudah merealisasikan pemasangan stiker bansos menggunakan DD yakni Kecamatan Tugumulyo dan Purwodadi.

“Baru ada dua Kecamatan, besok (Hari ini) rencananya Kecamatan Sukakarya juga akan lounching pemasangan stiker. Namun, kami hanya menyediakan desain, sedangkan pengadaan dilakukan oleh Pemerintah Desa,”tutur Depi.
Sedangkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Fasilitasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa Andriyanto mengakui, untuk pengadaan stiker sudah dianggarkan dalam APBDes. “Sudah ada dalam Perbup Nomor 4 tahun 2019 tentang Puskesos dan Desa yang menganggarkan. Sehingga, jika ada Desa belum menganggarkan, kemungkinan belum masuk skala prioritas,”pungkasnya. (HS-03)