oleh

Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Cegah Perundungan di Sekolah

Silampari Online,

LANDAK – Anggota Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak berdiskusi dengan Kepala Sekolah SD Negeri 10 Tolok di Kecamatan Menyuke dalam mengantisipasi perundungan di lingkungan sekolah.

“Awalnya didasari saling olok, bercanda, tetapi lama-lama menjadi frontal bahkan sudah mulai rasis dan mengandung sara. Akhirnya menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti penindasan, pengeroyokan, pemukulan dan hal-hal yang merusak psikis atau mental seseorang,” ujar Anggota Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 Mempawah – Landak, Serda Yan Antoneli, Rabu (10/03/2021).

Dikatakan, perundungan rawan terjadi di sekolah, baik antar teman, kakak kelas dan adik kelas, bahkan guru sekalipun bisa melakukan atau menjadi korban perundungan. Menyikapi fenomena ini, kata Serda Antoneli, perlu dilakukan edukasi bahwa perundungan sangat berpengaruh pada prestasi anak.

Ia menambahkan, tindakan prundungan bisa terjadi dimana saja, terutama di tempat yang tidak di awasi oleh guru maupun orang tua. Untuk itu, pihak sekolah diminta selalu melakukan pengawasan kepada anak didik, baik anak sebagai korban maupun sebagai pelaku.

“Semoga tidak terjadi lagi perundungan yang berujung hukum di sekolah maupun di lingkungan lainnya. Mari cegah perundungan dan kejar prestasi,” pungkasnya. (pendim1201)