oleh

Satu Desa Zona Merah, Tiga Desa Zona Oranye

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Hingga per 16 Mei 2021 ini, satu Desa masih dalam status zona merah dan tiga Desa dalam zona oranye.

Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Edi Iswanto melalui Sekretaris, M Nizar, Minggu (16/5/2021).

Dikatakannya, berdasarkan situasi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Mura pada per 16 Mei 2021, terjadi penambahan kasus positif. Sehingga terjadi perubahan pada kriteria Zona Covid-19 yang ditetapkan berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Sumsel Nomor : 021/SE/Dinkes/2021.

Menurut ia, adapun situasi Covid-19 saat ini yakni, satu Desa zona merah yakni Desa Margoyoso Kecamatan Jayaloka dengan 10 kasus dalam enam rumah. Sedangkan tiga Desa zona oranye yakni Kelurahan Talang Ubi Kecamatan Megang Sakti dengan lima kasus dalam empat rumah.

Kemudian, Kelurahan Megang Sakti I Kecamatan Megang Sakti dengan enam kasus dalam empat rumah dan Desa Campur Sari Kecamatan Megang Sakti dengan empat kasus dalam tiga rumah.

“Sampai hari ini (kemarin, red), satu Desa masih dalam zona merah dan dua Kelurahan serta satu Desa dalam zona oranye yang kesemuanya berada di Kecamatan Megang Sakti,”terangnya.

Ditambahkannya, sedangkan untuk kategori zona kuning terdapat 15 Desa, yaitu, Desa P1 Mardiharjo Kecamatan Purwodadi dengan satu kasus, Desa U2. Karyadadi Kecamatan Purwodadi juga satu kasus, dan Desa Rejosari Kecamatan Purwodadi dua kasus.

Selanjutnya, Desa T1 Bangunsari Kecamatan Purwodadi dua kasus dalam satu rumah, Desa L. Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo dengan empat kasus dalam satu rumah, Desa Suro Kecamatan Muara Beliti tiga kasus/ dalam dua rumah, Desa Megang Sakti IV Kecamatan Megang Sakti satu kasus.

“Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti satu kasus, Desa Megang Sakti III Kecamatan Megang Sakti satu kasus, Desa Megang Sakti V Kecamatan Megang Sakti satu kasus, Desa Sumber Karya Kecamatab STL Ulu Terawas satu kasus,”bebernya.

Kemudian sambung dia, Desa Tri Mukti Kecamatan BTS Ulu satu kasus, Desa Suka Mulya Kecamatan Sumber Harta satu kasus dan meninggal dunia, Desa Lubuk Tua Kecamatan Tuah Negeri satu kasus, Desa Suka Makmur (SP.5) Kecamatan BTS Ulu satu kasus.

“Sedangkan untuk desa dengan kategori zona hijau atau nihil atau tidak ada kasus terdapat di 180 Desa dan Kelurahan,”ungkapnya.

Hanya saja, dengan adanya kasus baru tersebut, tentu menambah jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Mura menjadk 608 kasus secara keseluruha, dengan rincian kasus sembuh sebanyak 530 kasus atau 87,7 persen.

“Kasus meninggal dunia menjadi 31 kasus, dan kasus dalam penanganan atau proses rawat atau isolasi sebanyak 47 kasus, dengan dua orang di rawat di rumah sakit dan 45 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,”pungkasnya. (Kris)