Sejumlah APK Mulai Ditertibkan

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Mengingat Rapat Pleno penetapan Paslon Cabup dan Cawabup sudah dilaksanakan pada tanggal 12/2/2018 maka penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) mulai diberlakukan.

Hal inilah yang dilakukam Panwaslu melalui Dinas Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Empat Lawang melakukan preasure di sejumlah titik pemasangan atribut kampanye tersebut.

Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudianto melalui Anggota Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslu Empat Lawang, Martin menyampaikan, penertiban ini seharusnya sudah dilakukan mulai kemarin (Senin, red), namun dikarenakan rapat pleno yang digelar berlangsung cukup lama bahkan sampai sore hari maka belum bisa dilakukan.

“Iya kemarin semestinya sudah mulai ditertibkan, tapi sikonnya tidak tepat jadi kita mulai hari ini (Selasa, 13/2) dan harus segera dituntaskan secepatnya penertiban ini,” imbuhnya.

Martin berharap agar penertiban ini di taati oleh para paslon dan juga para pendukungnya baik dari partai maupun pendukung lainnya. “Selain para petugas, masing-masing calon hendaknya membantu melepaskan sendiri APK nya, agar disimpan dan jangan dipasang lagi, jika nantinya kami (Panwaslu, red) masih menemukan APK yang masih terpasang maka akan kita akan berikan peringatan secara lisan dan juga tertulis kepada mereka,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Satpol PP dan Linmas Kabupaten Empat Lawang, Chandra mengatakan, pihaknya sudah terjun ke lapangan melakukan penertiban APK, namun ini dilakukan secara bertahap.

“Sudah kita mulai dari perbatasan wilayah Kabupaten Empat Lawang dengan Kabupaten Lahat sampai Alat Peraga Kampanye yang ada  di sekitaran pasar tebing tinggi,” katanya.

Dilanjutkan chandra, penertiban ini berdasarkan aturan kampanye yang sudah ditetapkan sesuai masa tenang kampanye termasuk penertiban APK, maka terhitung hari ini (selasa, red) seluruh APK akan mulai ditertibkan.

“Selebihnya akan dilanjutkan besok, mengingat banyaknya APK yang sudah dipasang oleh para calon di tiap wilayah,” tukasnya. (HS-04)