Sekda Minta Manfaatkan Bahan Baku Lokal

SIMBOLIS : Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya secara simbolis menyerahkan perlengjapan kegiatan pelatihan kepada salah seorang peserta pelatihan Technopreneur di aula Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kamis (12/9/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, H Edison Jaya meminta para wirausahawan dapat memanfaatkan potensi-potensi bahan baku lokal yang banyak tersedia di sekitar wilayah Kabupaten Empat Lawang. Sebab, dengan memanfaatkan bahan baku lokal, akan memudahkan wirausaha itu sendiri, dalam mempertahankan usahanya agar lebih tangguh bertahan dan berkembang di kemudian hari.

“Sebagai contoh, di wilayah Jawa, orang-orang di sana memanfaatkan pohon jati, bisa seluruhnya bermanfaat. Tidak ada yang tidak bisa dimanfaatkan, semuanya berguna,” ungkap Sekda Edison Jaya, saat membuka pelatihan Technopreneur yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, di aula Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kamis (12/9/2019).

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, kata Sekda, sangat mendukung dan berterima kasih kepada pihak Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, karena sudah berkenan turun ke Kabupaten Empat Lawang, untuk membantu memberikan pembinaan kepada para wurausahawan di Kabupaten Empat Lawang. “Saya minta para peserta juga dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Mudah-mudahan, dengan adaya pelatihan ini, dapat menambah wawasan bagi semuanya,” harap Seda.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Kuswinnarto kepada wartawan menjelaskan, semua peserta merupakan pengurus Koperasi Benteng Perkasa Kecamatan Talang Padang.

“Ada 35 orang peserta, mereka pengurus bersama anggota-anggotanya, Koperasi Benteng Perkasa Kecamatan Talang Padang,” kata Kuswinnarto.

Sebelumnya lanjut Kuswinnarto, pihak Koperasi ini mengajukan sendiri permohonan pelatihan untuk seluruh anggotanya ke Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. “Mereka membawa surat rekomendasi dari kita, selanjutnya membawa usulan itu sendiri ke pusat. Alhamdulillah, hari ini mulai dilaksanakan pelatihan yang mereka ajukan itu, sebelumnya,” jelasnya.

Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, dalam hal ini kata Kuswimnarto, hanya sebagai fasilitator dari kegiatan ini. Seperti menyediakan tempat dan memfasilitasi peserta. “Untuk narasumber dan perlengkapan-perlengkapan lainnya, semua disiapkan pihak Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia,” tandasnya. (HS-05)