Sekitar 30 Rumah Keluarga Tidak Mampu akan Dibangunkan Kakus

Kades Pematang Donok Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Akhmad Arpandi.

SILAMPARI ONLINE, KEPAHIANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Pematang Donok Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, berencana membangun fasilitas peningkatan kesehatan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Pematang Donok, Akhmad Arpandi mengatakan, masih ada beberapa masyarakat yang belum menyadari tentang kesehatan lingkungan. Hal ini menjadi keluhan warga lain karena kurang nyaman dengan keadaan tersebut.

Muat Lebih

Dijelaskannya, beberapa rumah belum memiliki kakus yang layak, hal ini juga dikarenakan tingkat ekonomi warganya tersebut yang memang tergolong kurang mampu.

“Masih ada masyarakat yang menggunakan kakus cemplung yang digali hanya kedalam 1 meter saja, bahkan ada yang tidak memiliki kakus sama sekali,” terang Arpandi.

Oleh karenanya, lanjut Arpandi, saat musyawarah desa beberap waktu lalu masyarakat mengusulkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu tersebut memiliki MCK yang layak. “Sekitar 30 rumah saat ini yang sudah masuk kedalam data yang akan dibangun MCK melalui penggaran Dana Desa 2020 mendatang,” ujar dia.

Selain itu Arpandi menambahkan, Pemdes Pematang Donok juga akan membuat siring atau Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL),karena ini dinilai penting untuk menyalurkan pembuangan air hujan agar tidak menggenang di halaman warga atau jalan. Selain itu untuk peningkatan jalan desa Pemerintah Desa Pematang Donok juga akan membangun jalan rabat beton di dusun 4 Desa Pematang Donok.

“Kita kaji usualan masyarakat dan akan kita prioritaskan yang lebih mendesak, usulan masyarakat yang akan kita laksanakan tahun ini adalah
Siring, MCK kurang lebih 30 unit, rabat beton jalan dusun 4,” papar dia seraya menyebut Desa Pematang Donok siap mensukseskan program Dana Desa 2020 menuju Kepahiang Maju, Mandiri, Sejahtera yang berkelanjutan. (KHS-06)