Selain Enaknya Durian, Mantan Karutan Tebing Tinggi Rasakan ‘Kebaikan’ PLN

SUAP : Mantan Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin menerima suapan tumpeng dari Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad dalam acara perpisahan Kepala Cabang Rutan dan penyambutan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Empat Lawang, sekaligus syukuran peningkatan status Cabang Rutan Tebing Tinggi menjadi Lapas Kelas IIB Empat Lawang, Rabu (5/2). Foto : Fahrurozi.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Mantan Kepala Cabang Rumah Tahanan (Karutan) Cabang Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin mengakui, banyak suka duka yang dia alami selama menjabat Karutan Cabang Tebing Tinggi. Namun, dari sekian banyak pengalaman tersebut, dia hanya mengaku dua hal yang paling diingat selama menjalankan tugas di Empat Lawang, sejak 2017 hingga berakhir pada awal Januari 2020.

Hal yang diingat tersebut jelas dia, pertama, dia merasakan betapa enaknya buah Durian yang ada di Empat Lawang, jika dibandingkan dengan buah Durian asal daerah lain.

Bacaan Lainnya

Tentu saja sebut dia, ini merupakan potensi yang sangat bagus bagi Kabupaten Empat Lawang, jika mengembangkan potensi ini menjadi wisata Durian.

“Mudah-mudahan ada suatu tempat wisata kuliner, pengunjung bisa petik sendri buah durian, karena durian Empat Lawang, itu paling enak,” kata Yudhi, saat menyampaikan sambutannya di acara perpisahan Kepala Cabang Rutan dan penyambutan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Empat Lawang, sekaligus syukuran peningkatan status Cabang Rutan Tebing Tinggi menjadi Lapas Kelas IIB Empat Lawang, Rabu (5/2).

Selain enaknya buah Durian Empat Lawang, Yudhi menyampaikan hal yang kedua yang sangat dia ingat di Empat Lawang, adalah kebaikan PLN Tebing Tinggi. Disampaikannya, kebaikan yang dimaksut bagaimana PLN Tebing Tinggi, selalu mengingatkan masuknya Shalat Magrib, dengan ditandai padamnya aliran listrik saat kumandang Azan Magrib.

“Kebaikan PLN bagi saya, saat masuknya waktu Magrib, PLN selalu mengingatkan kita untuk Sholat Magrib, karena saat kumandang Azan Magrib, Insya Allah mati lampu,” ujar Yudhi diikuti gelak tawa para hadirin.

Menanggapi pernyataan Yudhi Khairudin yang kini menjabat sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas IIA Lubuklinggau, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, terkait kesan enaknya Durian Empat Lawang, Pemkab Empat Lawang menyambut baik usulan pengembangan Durian dengan berbagai variannya tersebut, dan akan segera mengembangkannya.

“Jika nanti ada kawasan pengembangan Durian Empat Lawang, maka orang makin tahu akan keenakannya durian di Empat Lawang,” imbuh Bupati.

Soal listrik, Bupati Joncik menjelaskan, jika beberapa waktu sejumlah manajer PLN wilayah Sumatera Selatan sudah ber-audiens dengan Pemkab Empat Lawang. Kata Bupati, kebutuhan listrik di Empat Lawang, sebanyak 10 mvA, jika Gardu Induk difungsikan, maka listrik di Empat Lawang dapat memenuhi kebutuhan 30 mVA.

“Perlahan-lahan, persoalan pembebasan lahan (untuk jalur jaringan) sudah mulai dituntaskan, dan pihak PLN sudah berjanji, tepat pada 17 Agustus 2020 nanti, listrik di Empat Lawang, digaransi sudah terang benderang,” tandasnya. (frz)