Selaraskan Program Dukung RAD-PG

SOSIALISASI : Kegiatan sosialisasi Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG), di ruang rapat Kantor BAPPEDA Empat Lawang, Selasa (24/9/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Empat Lawang, menggelar sosialisasi Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG), di ruang rapat Kantor BAPPEDA Empat Lawang, Selasa (24/9/2019).

Kepala BAPPEDA Empat Lawang, Yulius Sugiantara mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman ke lintas sektoral atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait aksi daerah pada pangan dan gizi yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan dokumen rencana aksi daerah pangan dan gizi.

Muat Lebih

“Rencana aksi ini adalah, rencana aksi dibidang pangan dan gizi. Jadi, pemerintah pusat dan daerah itu berkewajiban melakukan penyusunan dokumen rencana aksi pangan dan gizi. Pemerintah pusat berkewajiban menyusun dokumen rencana aksi begitupun pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, juga berkewajiban menyusun rencana aksi pangan dan gizi,” ungkap Yulius.
 
Disampaikannya, Kabupaten Empat Lawang diketahui baru saja melaksanakan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023, karena itu ada sedikit kemudahan bagi kabupaten ini dalam melakukan penyusunan RAD-RG-nya. Hanya memerlukan peran aktif semua OPD yang terlibat dalam penyusunan RAD-PG.

“Saya berharap peran aktif OPD. Antara lain Dinas ketahanan Pangan itu sendiri, Dinas Kesehatan, DPMDP3A, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan sebagainya,” urainya.

Sebagai contoh pada DPMDP3A, Yulius mengatakan, bagaimana peran aktif dinas ini untuk mengarahkan desa menyelaraskan program Dana Desa, dalam rangka mendukung RAD-PG, pada pemberdayaan masyarakat atau pembangunan fisik di desa.

“Untuk Didukcapil misalnya, sesuai dengan tupoksinya bagaimana mempermudah pengurusan dokumen kependudukan (KK dan KTP), untuk menyelaraskan RAD-PG ini. Demikian juga OPD lain dapat meyelaraskan tupoksinya masing-masing dalam rangka RAD-PG ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Yulius menyampaikan, penyusunan RAD-PG ini, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkat aksi ketahanan pangan dan gizi, terutama di Kabupaten Empat Lawang. “Target kita, capaian dari aksi RAD-PG ini sampai tahun 2023 harus kita buat dalam bentuk dokumen,” imbuhnya.

Dokumen itu nantinya, sebut dia, salah satunya akan berisi laporan apakah RAD-PG sudah dilaksanakan apa belum dan itu nantinya akan dimonitor BAPPEDA Provinsi Sumsel. (HS-05)