Seorang Veteran Tutup Usia

MAKAM : Upacara pemakaman Kakek Nur (92), seorang anggota LVRI warga Empat Lawang, yang digelar secara militer, Senin (2/9). Foto : Istimewa. 

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Seorang anggota Legiun Veteran Indonesia (LVRI), Muhammad Nur (92) warga Kabupaten Empat Lawang, berpulang ke Rahmatullah, Senin (2/9). 

Almarhum merupakan salah seorang pejuang kemerdekaan asal Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, meninggal karena sakit, dimakamkan dihari yang sama di TPU Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, secara militer dan dipimpin langsung Kasdim 0405 Lahat, Mayor (Inf) Agus Salim.

Hadir juga dalam upacara pemakaman tersebut, Pasipersdim 0405/Lahat Kapten Inf Mardianto, Danramil 405-01/Tebing Tinggi Kapten Inf Mulyadi , Danramil 405-05/Pendopo Kapten inf sudiman, Danramil 405-06/Muara Pinang Kapten inf Aen dan personil Babinsa Kodim 0405/Lahat.

“Disertai rasa duka yang mendalam kita hari ini bekumpul di TPU Mekarjaya dalam rangka mengantar jenazah almarhum Muhamad Nur pejuang veteran kemerdekaan RI. Atas nama Negara, TNI dan seluruh yang ditinggalkan kami menyampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya disertai doa yang tulus semoga almarhum diterima disisi Tuhan YME,” ungkap Kasdim dalam sambutannya.

Terpisah, Wiliem Wira Kusuma yang merupakan salah seorang cucu dari almarhum Muhammad Nur, menceritakan kalau kakek Nur merupakan pejuang lama dan sebelum meninggal merupakan anggota Legiun Veteran di Empat Lawang.

“Kakek meninggal dikarenakan sakit diusia 92 tahun, dan sudah dimakamkan di TPU Mekar Jaya dan dihadiri langsung oleh Kasdim 0405 Lahat berserta anggota TNI lainnya. Kakek merupakan putra kelahiran Empat Lawang 15 Juli 1927 dengan NPV : 06015000,”ujarnya.(HS-05)