oleh

Sepakat, Debat Kandidat Pilkada Empat Lawang di Palembang

-Tak Berkategori-275 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pelaksanaan lokasi debat pasangan calon kepala daerah (Paslon Kada) Empat Lawang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Empat Lawang 2018, dipastikan akan diadakan di luar Kabupaten Empat Lawang, yakni di Kota Palembang.

Hal ini menyusul telah ditandatangani kesepakatan tentang lokasi debat tersebut antara perwakilan dua paslon nomor urut 1 dan 2, KPU Kabupaten Empat Lawang dan disaksikan Kapolres Empat Lawang, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang dan pihak Panwaslu Kabupaten Empat Lawang serta perwakilan Kodim 0405/Lahat di kantor sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, Selasa (26/3).

Ketua KPU Kabupten Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, kesepakatan ini hanya sebatas menentukan lokasinya saja, apakah di Kabupaten Empat Lawang atau di luar Kabupaten Empat Lawang. Mengenai lokasi detilnya termasuk persiapan tekhnis dan sebagainya, itu akan dilakukan pemabahasan lebih lanjut.

“Di sini, KPU Kabupaten Empat Lawang hanya meminta sumbang saran dan kesepakatan bersama dari pihak paslon khususnya. Apakah debat ini akan kita lakukan di dalam atau di luar Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya.

Dikatakannya, pihak KPU Kabupaten Empat Lawang sendiri, lanjut dia, menawarkan lokasi debat di luar Kabupaten Empat Lawang, yakni di Kota Palembang. Hal ini berdasarkan pertimbangan dan pembicaraan pihaknya dari berbagai pihak, termasuk pihak keamanan yang akan mengamankam jalannya debat tersebut. “Kita sepakati ini dilaksanakan di Kota Palembang dan kita tuangkan dalam berita acara. Mengenai tekhnis, akan kita bahas lebih lanjut,” ungkap Mobius.

RAPAT : Pelaksanaan rapat bersama, membahas lokasi debat kandidat di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Empat Lawang, Senin (26/3). Foto : Oci/HS.
Sementara, Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan menyampaikan, pihaknya siap mengamankan dimanapun lokasi debat kandidat berlangsung, entah itu di Kabupaten Empat Lawang sendiri atau luar daerah. Namun demikian, supaya debat tersebut didengarkan oleh masyarakat, alangkah baiknya jika debat tersebut disiarkan melalui media massa baik cetak ataupun elektronik.

“Masyarakat bisa melihat, walaupun tidak langsung masyarakat bisa melihat, melalui streaming bisa dan sebagainya,” kata Agus.

Namanya masyarakat, lanjut Agus, pemikiran dan pemahaman tidak akan sama, ketika adanya perbedaan pemahaman itu, merupakan salah satu sumber konflik karena tidak ada kesamaan persepsi. “Untuk meminimalkan konflik itu, supaya mereka (masyarakat, red) melihat atau mendengarkan saja dan biarkan masyarakat yang menilai paslon yang mana bagus,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan paslon nomor urut 1 (H David Hadrianto Aljufri – H Eduar Kohar), Rhendi Andrea Samad mendukung dan siap mengikuti apapun keputusan penyelenggara Pilkada. Mengenai tempat dan lokasi pihaknya akan mengikutinya. “Kami dalam hal ini sangat mendukung dan akan mengikuti apapun keputusan dari penyelenggara pilkada. Terkait tempat pelaksanaan, dimanapun tempatnya kami akan mengikutinya,” katanya. 

Sedangkan, Perwakilan paslon 2 (H Joncik Muhammad dan Yulius Maulana), Hadiri Denim mengatakan, siap mengikuti baik tempat dan lokasi debat kandidat sesuai yang ditentukan KPU Empat Lawang, hanya saja pihaknya meminta untuk panelis debat kandidat, agar pihak penyelenggara mencari panelis yang pantas serta netral.

“Untuk panelis debat kandidat, carilah panelis yang pantas serta netral. Semoga kegiatan debat kandidat dapat disiarkan secara langsung sehingga masyarakat kabupaten Empat Lawang dapat menyaksikan, dapat menilai dan menentukan pilihan sesuai dengan pilihan masing-masing,” tandasnya.(HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel