Sertipikat 1015 Bidang Siap Dibagikan

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas, Dr. A. Bukhori, S.H., M. H. foto bersama usai melaksanakan Sosialisasi / Penyuluhan Redistribusi Tanah Objek Landreform di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Selasa (10/9)

500 Warga Antusias Ikut Sosialisasi Redistribusi Tanah Objek Landreform
SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU-KANTOR Pertanahan Kabupaten Musi Rawas mengadakan Sosialisasi/Penyuluhan Redistribusi Tanah Objek Landreform di Desa Lubuk Tua, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. 500 lebih warga sangat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung Selasa (10/9). Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas, Dr. A. Bukhori, S.H,M.H. mengatakan bahwa penyuluhan dan sosialisasi redistribusi Tanah tahun 2019 dilaksanakan dalam rangka percepatan pembuatan sertipikat.

“Dari target yang diberikan oleh Kanwil BPN Provinsi Sumsel sebanyak 2500 bidang, dan sudah siap dibagikan di jajaran baru dua itu sebanyak 1015 bidang,”ungkap Bukhori. Sisanya itu, jelas Bukhori ada potensi di Desa Lubuk Tua Kecamatan Muara Kelingi sebanyak 1175 bidang hanya tanah non pertanian yang Insya’Allah akan dibuatkan sertipikat melalui program Redistribusi Tanah 2019.

“Kekurangannya itu nanti akan ditambah satu desa lagi yakni, Desa Mulio Sari Megang Sakti dan kita akan laksanakan penyuluhan disana,”katanya. Langkah kedepan, kata Bukhori mengharapkan kesediaan Bupati Kabupaten Musirawas, H Hendra Gunawan, Kakanwil BPN Sumsel atau Gubernur Provinsi Sumsel untuk menyerahkan sertipikat yang ada di jajaran baru dua itu yaitu, 1015 bidang untuk rakyat.

“Sekarang (kemarin,red) saya lagi survei ke Desa tersebut untuk lokasi area penyerahan sertipikat tersebut, kemudian menuju desa jajaran baru dua,”ucapnya. Program Redistribusi tanah ini mereka cukup menyerahkan E KTP nya masih berlaku dan mengisi blanko yang sudah disahkan oleh Kantor Pertanahan Musirawas tanpa biaya BPHTP. “Kawasan hutan yang sudah dibatas-batas oleh Dinas Kehutanan menjadi areal APL (Areal Peruntukan Lain) yang kita buatkan sertipikatnya di dalam program Redistribusi tanah untuk tahun 2019,” tambahnya.

Kepada kedua desa tersebut yakni, Mulio Sari dan Lubuk Tua itu untuk segera melengkapi identitasnya, menyiapkan tanda batas dan pasang tanda batas serta menujukkan tanda batasnya kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Musirawas. “Intinya adalah percepatan,”pungkasnya.(HS-01)