oleh

Siaga Bencana, Dinsos Siapkan 100 Ton Beras Cadangan Pemerintah

-Musi Rawas-98 Dibaca

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam banjir di Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang akan berdampak terhadap kehidupan masyarakat, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mura memastikan telah ketersedian logistik khususnya Beras Cadangan Pemerintah (BCP) masih aman sebanyak 100 Ton dan siap didistribusikan.

“Mengantisipasi jika banjir terjadi di Kabupaten Mura, kami (Dinsos) sudah menyiapkan beras BCP sebanyak 100 Ton yang tersimpan di Bulog di Kota Lubuklinggau. Beras tersebut siap didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir,”kata Kepala Dinsos Kabupaten Mura, Agus Susanto, Selasa (23/2/2021).

Dikatakannya, beras tersebut merupakan beras reguler dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel). Namun, untuk pengeluaran Beras BCP harus dilakukan apabila ada kejadian bencana, maka baik dilaporkan pihak desa dan kecamatan disampaikan Bupati melalui BPBD.

“Selanjutnya BPBD melakukan kajian cepat dengan turun ke lapangan untuk mengetahui jumlah korban termasuk jiwa dan kerugian. Kemudian BPBD membuat laporan ke Bupati dengan disertai kesimpulan sesuai kondisi daruratnya,”paparnya.

Kemudian, apabila dari kajian cepat itu, masuk kondisi darurat. Ini sebagaimana proses Administrasi untuk permintaan CBP. Setelah semuanya terlaksana dengan baik, maka selanjutnya BCP siap didistribusikan kepada masyarakat.

“Selama ini baik stok maupun pengeluaran beras tidak ada masalah dan berjalan baik. Tak hanya itu, untuk logistik sendiri ada juga yang penyediaan bencana, namun juga bukan hanya bencana alam tapi bencana sosial, sesuai aturan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 20, Dinsos diberikan kewenangan sandang berupa daster dan sarung,”bebernya.

Selain logistik, menghadapi bencana banjir, Dinsos juga memiliki beberapa perlengkapan yang siap digunakan seperti Mobil Rescue, Dapur Umum, Tenda Keluarga dan Tenda Umum. Kemudian Dinsos juga memiliki personil Tagana sebanyak 30 orang yang siap ikut membantu dalam pelaksanaan penanganan bencana. (Kris)