Siapkan 17 Unit Mobil Bantuan Pedesaan 

Silampari Online, 

MUSI RAWAS– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan membagikan 17 unit mobil bantuan jenis pick up. Dimana, mobil tersebut akan diberikan kepada masyarakat pedesaan status tertinggal dan sangat tertinggal.  “Untuk pengadaan mobil tersebut akan direalisasikan pada tahun ini. Namun, untuk realisasi bantuan masih menunggu juknis yang ada,”jelas Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Mura, Adi Winata melalui Sekretaris, M Riyadi saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (24/1) di ruang kerjanya.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk 17 unit mobil bantuan pedesaan kepada masyarakat tersebut merupakan mobil jenis pick up dan mikrobus yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran Rp 3,9 miliar. “Bantuan mobil pedesaan ini diberikan kepada Badan Usaha Desa (Bumdes) yang terpilih dan tersebar di 14 kecamatan. Dimana, untuk skala prioritas desa tertinggal dan sangat tertinggal,” terangnya.
Menurutnya, bantuan mobil pedesaan diberikan untuk membantu kelancaraan dan membuka akses transportasi bagi masyarakat di desa tersebut. Tetapi, pemberian ke Bumdes melalui seleksi dan verifikasi mana yang memang layak diberikan bantuan tersebut. Sehingga, mobil yang diberikan memang tepat pada sasaran masyarakat perdesaan tersebut.“Untuk mobil tersebut akan menjadi aset Bumdes yang akan dikembangkan menjadi usaha dan untuk biaya operasional serta pengembangannya sesuai hasil kesepakatan masyarakat dengan Bumdes,” tuturnya.
Terlepas dari itu, dirinya mengharapkan kendaraan tersebut disamping terpelihara namun bisa berkembang. Artinya dari mobil tersebut bisa bermanfaat besar dan bertambah. Bahkan, untuk bantuan mobil perdesaan yang sudah diserahkan kepada desa tahap pertama sebanyak tujuh unit jenis L300, tahap kedua sebanyak 10 unit jenis L300 dan tahap ketiga sebanyak 21 unit Suzuki Carry dan terakhir tahun ini sebanyak 13 unit dengan tahap proses untuk pembagian. “Kita minta mobil tersebut tidak disalahgunakan. Melainkan, harus dijaga dan dirawat untuk kepentingan masyarakat desa. Sehingga, jangan ada permasalahan terhadap mobil bantuan tersebut,”imbunya.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sembatu Jaya Kecamatan BTS Ulu, Syamsul Bahri, mengakui bahwa untuk ketersediaan kendaraan transportasi di desanya tersebut masih sangat minim. Sehingga, dengan kondisi ini diharapkan dari 18 unit mobil bantuan yang disediakan diberikan ke Bumdes Sembatu Jaya.
“Kita berharap bantuan mobil yang disediakan nantinya dapat dibagikan ke Bumdes Sembatu Jaya untuk  menunjang kelancaran warga beraktifitas sebagai keluar masuk desa,” pungkasnya. (HS-02)