Siapkan 8000 Bantuan Ekor Itik

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kadistanak Mura, Tohirin

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan tahun ini akan menyiapkan 8000 ekor bantuan itik ekor bagi kelompok tani. Dimana, untuk realisasinya diagendakan pada April mendatang.

Muat Lebih

Plt Kepala Distanak Kabupaten Mura, Tohirin melalui Kepala Bidang (Kabid) Nakeswan, Dr Hewan Marzuki, mengatakan, untuk tahun ini pihaknya menyiapkan 8000 ekor itik bagi kelompok tani yang tersebar di 14 Kecamatan.

“Untuk tahun ini bantuan ternak yang kita sediakan hanya itik. Sedangkan, kalau sapi dan kambing ditiadakan akibat serangan virus jembrana,”jelas Marzuki kepada Harian Silampari, Selasa (15/1) diruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk syarat mendapatkan bantuan ini melalui pengajuan profosol melalui kelompok tani yang mempunyai payung hukum. Namun, kendati begitu sebelum bantuan digulirkan nantinya akan dilakukan cek bagi calon pengadu dan calon lokasi (CPCL).

“Untuk berapa ekor satu kelompok tani mendapatkan itik belum kita tentukan. Namun, bila sudah DPA maka direncanakan April paling cepat sudah direaliisasikan,”terangnya.

Menurutnya, setelah bantuan ini direalisasikan maka pihaknya akan tetap melakukan kontrol terhadap perkembangan kesehatannya. Terutama, telur itik ini nantinya bisa diawetkan untuk diasinkan.

“Alasan pemberian bantuan itik ini karena lebih tahan dari serangan penyakit dibandingkan unggas lain khususnya ayam,”bebernya.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya bantuan ini maka disamping bisa dimanfaatkan para peternak untuk memberikan nilai tambah bagi ekonomi. Tentunya, bisa menambah populasi itik ini sendiri khususnya bagi peternak di Mura.

“Intinya kami minta bilamana bantuan ini nantinya direalisasikan maka dapat dimanfaatkan secara maksimal dan terpenting dapat dikembangbiakkan,”pungkasnya. (HS-03)