Siapkan Lahan 5 Ha, Bangun UPT BLK Terbesar

Kepala Disnaker, Ir Bambang Sukaton

SILAMPARI ONLINE

PRABUMULIH
– Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengusulkan pembangunan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Balai Latihan Kerja (BLK) di Kelurahan Tanjung Raman, Kecamatan Prabumulih Selatan.

Usulan tersebut disampaikan ke Presiden, selanjutnya disampaikan ke Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker). Kepala Disnaker, Ir Bambang Sukaton ketika dikonfirmasi menyebutkan, Pemkot sendiri telah menyiapkan lahan 5 hektar untuk mewujudkan pembangunan UPT Pusat BLK di Prabumulih dekat Politeknik Energi Mineral (PEM) Akademi Minyak dan Gas (AKAMIGAS). “Proporsolnya lagi proses, sudah sampai ke Presiden dan telah berada di Setneg dan kini diproses di Deputi Antar Lembaga,” kata Bambang, sapaan akrabnya di ruang kerjanya, kemarin (16/9).

Masih kata Bambang, usulan tersebut bisa diterima dan UPT BLK Pusat bisa dibangun dengan dana ratusan miliar sepertinya PEM AKAMIGAS pada 2020 mendatang. “Bahkan, Kantor Disnaker sendiri akan dipindahkan ke lokasi tersebut. Tidak hanya, Kantor UPT Pusat BLK saja. Tetapi juga, dibangun asrama, perumahan pelatih, aula, sarana olahraga, dan lainnya,” tukasnya.

Ia tidak memungkiri, butuh proses panjang mewujudkan pembangunan UPT Pusat BLK tersebut. Tetapi, harus optimis pembangunan tersebut, ke depannya bisa direalisasikan. “Pembangunan tersebut, kita berdoa bisa segera terlaksana sesuai dengan harapan Pak Wako,” tandasnya.
Apalagi, akunya guna mencetak tenaga siap kerja dan mandiri. Nantinya, UPT Pusat BLK menjadi pusat sertifikasi mahasiswa PEM AKAMIGAS. “Tidak hanya jurusan konvensional saja, ada di UPT BLK sertifikasi. Tetapi, jurusan disesuaikan dengan kebutuhan industri juga. Seperti; pertambangan, perminyakan, dan gas,” akunya.

Lanjutnya, tenaga pelatih di UPT Pusat BLK tersebut berasal dari tenaga profesional dari perusahaan ada di Kota Nanas ini. “Bentuk kolaborasi, Pemkot dan swasta,” pungkasnya. Sambungnya, UPT Pusat BLK menjadi badan sertifikasi bekerja sama dengan Badan Sertifikasi Nasional. “Semoga saja, bisa segera diwujudkan keberadaan UPT Pusat BLK sesuai harapan,” akunya. (03)

*Sumber : Prabumulih Pos