Siapkan Rp7,7 Miliar untuk Perbaikan Drainase

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lubuklinggau di 2018 ini akan fokus untuk mengatasi permasalahan drainase di Lubuklinggau dengan menyiapkan anggaran sekitar Rp7,7 miliar. Penanganan drainase tersebut dilakukan mengingat ada sejumlah titik genangan air yang acapkali menggenangi sejumlah ruas jalan protokol di Lubuklinggau jika usai diguyur hujan.

Muat Lebih

Kepala Dinas PU Lubuklinggau, Nobel Nawawi menjelaskan penanganan drainase rencananya disejumlah titik. Yakni di Jl Yos Sudarso mulai dari depan Linggau Plaza, Dwisari sampai ke Abdul Rahman. Termasuk sampai ke depan rumah makan Singgalang. “Nah itu mungkin kita prioritaskan,” ujarnya.

Nobel menjelaskan, dilokasi tersebut pihaknya telah mempelajari untuk pembuangan genangan air yang terdekat. Yakni dari Lippo Plaza yang jalurnya ke Abdurahman, dekat dengan Bulog. “Nah itulah yang terdekat. Artinya dari situ, siring harus sudah besar. Sehingga pada saat curah hujan tinggi, air masuk kesiring, siringnya segera bisa mengalir,” terangnya.

Sedangkan saat ini, Nobel mengungkapkan bahwa keberadaan siring kecil dan datar. Sehingga air lambat mengalir, genangan air tinggi. Namun untuk genangan air yang menggenagi ruas jalan menurut pihaknya sejauh ini tidak lama atau tidak sampai dua jam. “Anggaran disitu mungkin diatas Rp2,7 miliar. Kurang lebih hampir satu kiloan,” ungkapnya.

Selain itu, adapula sejumlah titik drainase lainnya di Lubuklinggau yang akan ditangani pihak Dinas PU. Yakni di Jl Ahmad Yani, difokuskan didepan Pom bensin atau dekat Hotel Wijaya. “Karena itu belum ada drainase, jalan itu rusak terus. Itu kita dahulukan. Disitu mungkin kurang dari 500 meter,” bebernya.

Lebih lanjut, pihaknya akan menerusakan atau melanjutkan penanganan drainase didaerah Marga Mulia. “Marga Mulia mungkin agak besar (anggaran) sekitar Rp5 miliar. (Panjang) kalau di Marga Mulia mungkin sekitar satu kiloan lebih,” kata Nobel.

Sementara itu, di 2018 pihak PU Lubuklinggau akan menganggarkan Rp101 miliar untuk peningkatan jalan ditengah kota Lubuklinggau. Anggaran tersebut untuk 49 paket atau 49 link ruas jalan yang akan ditingkatkan. “Ini kami lagi mempersiapkan proses lelang,” pungkasnya.(HS-09)