Sidang Gugatan Pasangan HYD-HKS Mulai Digelar

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Sidang perdana permohonan gugatan pasangan H Yulizar Dinoto – H Kison Syahrin (HYD-HKS) terhadap putusan KPU Kabupaten Empat Lawang tentang ditetapkannya berkas admistrasi pasangan ini tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pasangan calon kepala daerah (Paslon Kada) pada pelaksanaan pilkada Empat Lawang 2018, digelar di ruang sidang Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, Jum’at (23/2).

Muat Lebih

Sidang yang diketuai oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto ini beragendakan pembacaan pemohonan atau gugatan dari pemohon HYD-HKS, yang dibacakan oleh kuasa hukum pemohon.

Juru bicara tim kuasa hukum pasangan HYD-HKS, Ir Gergorius Gere SE SH MH usai mengikuti sidang kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya dalam hal ini sangat mengharapkan, pada pembuktian pada sidang ini berjalan tertib, aman dan Panwaslu Kabupaten Empat Lawang memandang pembuktian dalam sidang ini secara objektif.

“Tutuntan kami yang pertama agar dibatalkan SK Putusan KPUD Empat Lawang lalu, kedua kami minta verifikasi faktual ulang di seluruh kecamatan dan desa-desa,” ujarnya.

Dijelaskannya, verifikasi faktual ulang yang dituntut pihaknya, bukan seperti yang dikatakan oleh pihak KPUD kemarin hanya sebatas bukti yang pihaknya sampaikan. “Inikan cuma sample, contoh, namun kami minta seluruhnya (diverifikasi ulang). Perlu kawan-kawan wartawan ketahui, sepanjang ini masih dalam proses, maka SK KPUD Empat Lawang pada tanggal 12 Februari 2018 lalu, sementara status quo. Itu yang harus difahami,” imbuhnya.

Gergorius kembali menjelaskan, dalam bukti yang pihaknya lampirkan ini, terutama pada bukti P-8, itu ada indikasi kejahatan berita atau perintah maupun petunjuk dari PPK kepada PPS. “Bahasanya sangat jelas, pada intinya (isi perintah tersebut) kalau bisa 95 persen pasangan HYD-HKS jangan sampai masuk menjadi bakal calon, pada intinya begitu,” imbuhnya.

Menurut dia, perintah tersebut disampaikan melalui layanan pesan instan Whatsapp (WA). Pihaknya sudah menghubungi Kominfo dan akan dilaporkan ke Polda sebagai indikasi kejahatan pidana (cyber crime). “Saksinya ada, kami siap menghadirkan saksi sesuai dengan yang kami ajukan saksi maupun alat bukti itu akan kami siapkan. Insya Allah dalam waktu tiga hari sesuai dengan jadwal Panwaslu akan berjalan sesuai dengan persiapan,” tukasnya.

Sebelumnya, pimpinan sidang gugatan tersebut, Rudiyanto usai mendengarkan pembacaan gugatan pasangan HYD-HKS, saat hendak menutup sidang perdana tersebut mengatakan, sidang dilanjutkan pada hari Sabtu (24/2) pukul 14.00 WIB, dengan agenda penyampaian jawaban pihak termohon, KPU Kabupaten Empat Lawang. (HS-04)