Sidang Putusan Panwaslu Digelar Minggu

□ Terkait Permohonan Pasangan HYD-HKS

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Setelah pemeriksaan saksi-saksi pada sidang sengketa pilkada Empat Lawang, yang dimohonkan pasangan H Yulizar Dinoto – Kison Syahrin (HYD-HKS), hasil putusan pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, akan dibacakan pada hari Minggu (4/3) mendatang, dihadapan pemohan dan termohon.

“Sidang putusan pada sidang kemarin akan kita bacakan Minggu nanti, tanggal 4 Maret 2018,” ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto saat dibincangi Harian Silampari, di kantor Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Jum’at (2/3).

Menurut Rudi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan jalannya sidang putusan tersebut. Pihaknya tentu saja sangat berharap, jalannya sidang penyampaian putusan nanti berjalan dengan kondusif dan dapat diterima semua pihak. “Kita juga pastikan, dalam hal ini kami berusaha tetap objektif, menilai sengketa antara pemohon dan termohon. Harapan kita, putusan nantinya dapat diterima semua pihak,” imbuhnya.

Diapun memaparkan, andai saja nantinya putusan atas sengketa yang diajukan pasangan HYD-HKS, tidak dapat diterima salah satu pihak, baik pemohon atau termohon, perkara ini dapat saja dilanjutkan ke jenjang pengadilan tata usaha usaha negara.

“Bisa saja, jika salah satu pihak yang berpekara tidak puas dengan putusan nantinya, jalan selanjutnya banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Di wilayah Sumatera ini, adanya ya di Medan (Sumut),” terangnya.

Dikatakannya, setelah sidang permohonan HYD-HKS ini usai, Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, hingga hari ini belum memiliki jadwal sidang kembali. Terkait ada beberapa laporan yang sebelumnya pernah disampaikan beberapa pihak ke Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, semuanya dinyatakan tidak mencukupi syarat untuk disidangkan oleh pihak Gakumdu.

“Gakumdu itu salah satu unsurnya Panwaslu dan sejauh ini laporan dugaan pelanggaran pilkada ke kita belum ada yang cukup kita naikan ke proses lebih lanjut,” tukasnya.

Sebelumnya diketahui, sidang permohonan gugatan pasangan HYD-HKS terhadap putusan KPU Kabupaten Empat Lawang tentang ditetapkannya berkas admistrasi pasangan ini tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pasangan calon kepala daerah (Paslon Kada) pada pelaksanaan pilkada Empat Lawang 2018, digelar di ruang sidang Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, digelar sejak Jum’at (23/2) lalu.

Kuasa hukum pasangan HYD-HKS, Ir Gergorius Gere SE SH MH usai mengikuti sidang kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya dalam hal ini sangat mengharapkan, pada pembuktian pada sidang ini berjalan tertib, aman dan objektifitas dari Panwaslu Kabupaten Empat Lawang.

“Tutuntan kami yang pertama agar dibatalkan SK Putusan KPUD Empat Lawang, kedua kami minta verifikasi ulang di seluruh kecamatan dan desa-desa,” ujarnya. (HS-04)