Sinergitas Program Sumsel, Entaskan Kemiskinan Daerah

SILAMPARI ONLINE,

MURATARA – Roadshow perencanaan pembangunan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Bappeda Muratara bertempat di Gubug Mang Engking Lubuklinggau, Kamis (13/2/2020).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri Sekda Muratara, Alwi Roham, Kepala Bappeda Provinsi, Firmansyah, Kepala Bappeda Muratara, Erwin Syarif serta OPD dilingkungan Pemkab Muratara.

Sekretaris Daerah Muratara, Alwi Roham dalam kata sambutannya mengatakan, apa yang menjadi program Bappeda Sumsel diusahakan akan tersambung dengan Muratara mengucapkan selamat datang kepada Kepala Bappeda Sumsel
Kepala Bappeda Sumsel, Firmansyah.

“Kami berharap hanya berdiskusi dengan Bappeda namun yang datang lengkap artinya Pemkab Muratara sangat kompak,” ujarnya.

Lanjut dia, membangun daerah dengan menekan angka kemiskinan Keberhasilan dari pembangunan adalah dari penurunan angka kemiskinan jika angka kemiskinan turun secara makro maka pembangunan dikatakan berhasil menyelesaikan permasalahan daerah dengan membuat suatu program yang dijalankan bersama untuk mencari jalan keluar penurunan angka kemiskinan.

“Program di daerah akan disinkronkan dengan provinsi. Agar ada sinergitas, provinsi mensupport apapun prioritas dari daerah,” jelasnya.

Kepala Bappeda Muratara, Erwin Syarif menyampaikan, arah kebijakan dan prioritas pembangunan Muratara, dengan tingkat pengangguran menurun menyebabkan tingkat kemiskinan menurun, pertumbuhan ekonomi meningkat. Masalah kualitas tenaga kerja, kebutuhan formal yang mahal, permasalahan persentase kemiskinan masih tinggi, IPM masih rendah, reformasi birokrasi belum optimal. Lalu belum meratanya pembangunan infrastruktur dan konektifitas
Prioritas daerah, penurunan kemiskinan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat melalui pembangunan pendidikan.

“Kita terus meningkatkan kualitas lingkungan dan manajemen kebencanaan. Stabilitas keamanan dan percepatan reformasi birokrasi,” ujarnya.