Sisi Jalan Provinsi Ambles Sedalam 8 Meter

AMBLES : Kondisi jalan ambles di kawasan jalan lintas Pagaraalam - Bengkulu di kawasan Nyawangan (hutan antar desa) Desa Seleman Dengan Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (15/1). Foto : Ardi Wiratri Saputra.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Tingginya intensitas curah hujan mengakibatkan jalan lintas Pagaraalam – Bengkulu di kawasan Nyawangan (hutan antar desa) Desa Seleman Dengan Desa Sawah Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, ambles.

Amblesnya jalan provinsi tersebut, karena Box Culvert di bawah jalan tersebut ambles dihantam aliran Sungai Kinang yang mengalir di bawahnya.

Muat Lebih

Pantauan wartawan di lokasi jalan tersebut, terlihat ambleanya jalan itu setidaknya sepanjang dua meter dengan kedalaman mencapai delapan meter. Akibatnya, kendaraan yang melintas terutama roda empat (R4) yang hendak melewati jalan tersebut terpaksa bergantian, karena amblesnya sudah memakan separuh badan jalan.

“Ya, jalan itu sudah lama jebol, sekitar tujuh bulanan, ditakuti kalau curah hujan masih tinggi nanti Air Sungai Kinang besar jalan itu ambruk semua,” kata salah seorang warga setempat, Jauhari, Rabu (15/1).

Jauhari berharap, pemerintah setempat untuk segera memperbaiki jalan ambles tersebut, sebelum selurh Box Culvert yang ada di bawah jalan tersebut ambruk seluruhnya.

“Kami berharap pemerintah setempat untuk segera memperbaikinya, sebelum jalan itu jebol semua. Takutnya nanti kalau tidak diperbaiki mengakibatkan kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota DPRD Pronvisi Sumatera Selatan (Sumsel), M Oktafiansyah mengatakan, bahwa itu adalah bencana tanah longsor pihaknya akan segera minta pihak terkait untuk menganggarkan perbaikan jalan tersebut.

“Itulah adalah bencana, kita akan minta pihak terkait dalam hal ini BPBD Provinsi bersama DPUPR Provinsi untuk menganggarkan perbaikan jalan tersebut,” jelas Oktaf. (KHS-03)